Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 19 Mei 2015 15:10 WIB

Tim Mekanisme Dapil Harus Bekerja Transparan dan Akuntabel

Jakarta, HanTer - Peneliti Indonesia Budget Center (IBC), Roy Salam mengusulkan tim mekanisme daerah pemilihan (dapil) harus bekerja transparan dan akuntabel. Dalam Undang-undang (UU) No 17 Tahun 2014 tentang MPR,DPR,DPD,DPRD (MD3) mengatur hak-hak anggota DPR.

Menurutnya salah satunya mengatur mengenai hak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan dapil. Dia menyatakan ketentuan tersebut termuat dalam Pasal 80 huruf j yang tidak dijelaskan detail saat merumuskan Rancangan UU (RUU) MD3.

"Dulunya, Naskah Akademik (NA) RUU MD3 dan bagian Penjelasan RUU MD3 tidak menjelaskan skema operasional tentang program pembangunan dapil," ujar Roy kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Dia melihat keberadaan Tim Mekanisme Penyampaian Hak Mengusulkan dan Memperjuangkan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (Tim Mekanisme Dapil), yang diketuai oleh Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menjadi penting dan strategis. Pasalnya tim tersebut harus menyusun deskripsi penjelas dan paket kebijakan pengelolaan yang transparan dan akuntabel.

"Tidak hanya pengaturan yang rinci, Tim Mekanisme Dapil juga dapat mengidentifikasi kemungkinan munculnya persoalan, terutama ketika usulan program pembangunan dapil tidak memiliki ruang lingkup. Atau batasan dari segi jumlah dan anggaran serta ketiadaan tolak ukur kinerjanya," paparnya.

Lebih lanjut terkait keberadaan Tim Mekanisme Dapil, Roy mewakili IBC mendesak agar, pertama, proses penyusunan dan pembahasan peraturan tentang tata cara pengusulan, dan memperjuangkan program pembangunan dapil berlangsung transparan dan akuntabel.

"Kedua, mempublikasikan keanggotaan Tim Mekanisme Dapil beserta jadwal kerjanya sehingga para pihak yang ingin berpartisipasi dapat lebih leluasa menghubungi anggota tim maupun sekretariatnya," tandas Roy.
 


(Angga)




Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats