Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 17 Agustus 2018 23:49 WIB

Sambut HUT RI ke-73, TK Al Azhar 5 Kemandoran Pupuk Rasa Nasionalisme Sejak Usia Belia

Jakarta, HanTer - Banyak makna terkandung dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, yang jatuh pada Jumat (17/8/2018).
 
Salah satunya timbul rasa nasionalisme tinggi dari berbagai kalangan. Namun yang patut disesalkan, nuansa cinta tanah air seolah hilang seiring oleh pesatnya perkembangan zaman dan teknologi.
 
Beragam olahraga tradisional yang menjadi kearifan lokal pun mulai ditelan bumi. Berbagai hal itu tak lepas akibat pudarnya rasa cinta tanah air pada segenap aspek usia.
 
Perlombaan Tarik tambang tak luput dipertandingkan disetiap edisi HUT RI
 
Akan tetapi, untuk mematri kembali semangat nasionalisme, gagasan dan segala daya upaya pun dilakukan. Sebagai contoh seperti apa yang diterapkan para pengajar TK Islam Al Azhar 5 Kemandoran, Jakarta Selatan.
 
Salah satu wadah belajar anak ternama di Indonesia itu menanamkan cinta tanah air kepada anak sejak usia belia. Hal itu merupakan sebuah pondasi penting untuk memupuk rasa nasionalisme terhadap NKRI.
 
Kepala Sekolah TK Al Azhar 5 Indah Kurniati (tengah) bersama staf pengajar 
 
Diantaranya dengan membimbing anak untuk mengenalkan sejarah Indonesia di masa lampau. Bahkan pada HUT RI tiap tahunnya, tradisi karnaval juga dilakukan Al Azhar 5 Kemandoran, sehari menjelang HUT RI ke-73.
 
"Kegiatan karnaval ini diadakan tiap tahun. Tujuannya adalah untuk mengenalkan anak-anak akan negaranya, yaitu Indonesia. Dan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 lalu. Jadi mulai sejak dini anak di pupuk rasa cinta tanah air," ujar Kepala Sekolah TK Al Azhar 5 Indah Kurniati S.Pd, Rabu (16/8/2018).
 
Karnaval TK Al Azhar 5 Kemandoran menyambut HUT RI ke-73 tahun 2018 
 
Ketika anak sudah terpatri rasa cinta tanah air, secara otomatis bekal lain seperti budaya ketimuran yang melekat pada nuansa Indonesia akan berkembang dengan sendirinya.
 
"Dari kegiatan ini, anak kita latih kemandirian, kemudian sportivitas. Jadi mereka sudah belajar menang, kalah dan mereka harus berjuang bagaimana caranya supaya bisa mengikuti kegiatan ini dan bertanding secara sportif," jelas dia.
 
Lompat Hula hoop menjadi salahsatu nomor yang dipertandingkan dalam menyambut HUT RI ke-73 di TK Al Azhar 5 Kemendoran 
 
Selain memupuk rasa cinta tanah air, TK Islam Al Azhar 5 Kemandoran juga menanamkan berbagai sikap dasar kepada anak didiknya seperti belajar mandiri, tanggung jawab dan kedisiplinan.
 
"Karena anak itu belum tentu selamanya sama mama-papa nya. Mereka harus dibuat mandiri. Kemudian mereka harus menyelesaikan masalahnya sendiri," ia mengakhiri.
 
Para orangtua/wali murid TK Al Azhar 5 Kemandoran


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats