Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 27 Juli 2018 07:37 WIB

Kolaborasi XL Axiata-Pawoon Solusi Pengembangan Digital Bisnis UKM

Jakarta, HanTer - Jumlah pelaku usaha industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terus meningkat setiap tahunnya, berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, saat ini terdapat sekitar 59,2 juta UKM di Indonesia.
 
Kendati demikian, hanya berkisar 8 persen pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memanfaatkan digital bisnis. 
 
Nah, melihat kebutuhan tersebut, PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Pawoon menghadirkan solusi digital bagi pelaku UMKM berupa Layanan Point of Sales yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM di seluruh Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka.
 
"Kami terus melakukan inovasi untuk menghadirkan layanan yang berkualitas bagi pelanggan. Melalui kerjasama dengan Pawoon dengan menghadirkan Layanan Point-of-Sales (POS) ini kami yakin dapat menjadi alternatif solusi bagi para pelaku UMKM yang juga sebagai pelanggan XL, untuk mendorong perkembangan usaha mereka,” kata Vice President Region XL Axiata Jabodetabek, Bambang Parikesit, Kamis (26/7/2018).
 
Ditambahkan Bambang, dengan didukung oleh aplikasi digital yang lebih praktis tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. “Diharapkan  solusi digital yang kami tawarkan dapat meningkatkan produktivitas usaha secara menyeluruh bagi para pelaku usaha,” timpalnya. 
 
Sedangkan, CEO Pawoon, Ahmad Gadi melihat bahwa pelanggan XL yang membutuhkan point-of-sales dengan fitur lengkap dan mudah digunakan kini bisa berlangganan Pawoon dengan mudah. 
“Melalui kerja sama ini, kami bangga bisa memperkenalkan layanan Pawoon POS kepada puluhan juta pelanggan XL Axiata di seluruh Indonesia,” katanya.
 
Sejauh ini, layanan Pawoon POS hadir membantu para pelaku usaha untuk mengelola penjualan dengan lebih mudah, dengan memberikan solusi aplikasi kasir terintegrasi. Mulai dari manajemen produk dan stok, manajemen pelanggan, laporan penjualan serta masih banyak fitur pendukung lainnya. 
 
Pelanggan XL dapat dengan mudah menikmati layanan ini, hanya dengan memasukkan kode USSD *123*5757# dan mengunduh aplikasi Pawoon di play store pada smartphone android miliknya. Langkah ini merupakan terobosan baru yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan SaaS (software as a service) startup lokal di Indonesia. 
 


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats