Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 15 April 2018 18:49 WIB

Lakukan Kewajiban Tri Dharma, 4 Dosen AKOM BSI Jakarta Gelar Pelatihan Citizen Journalism

Depok HanTer - Bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada gerenasi muda merupakan suatu kebahagian tersendiri bagi setiap orang. Apalagi, ilmu yang diberikan sangat berguna bagi masa depan mereka. 
 
Itu pula diperlihatkan oleh empat dosen Akademi Komunikasi (AKOM) BSI Jakarta saat berkesempatan melatih remaja binaan Panti Asuhan Ar Ridho agar punya kemampuan menulis berita sebagai citizen journalist. 
 
Pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan dosen dalam memenuhi kewajiban fungsi Tri Dharma sesuai dengan aturan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 
 
Acara ini terselenggara berkat kontribusi Kepala Cabang Kampus BSI Margonda Depok, Ibu Instianti Elyana, MM M.Kom. Sedangkan, tema yang diusung dosen AKOM BSI Jakarta untuk Pengabdian Masyarakat (PM) adalah Pelatihan Dasar Jurnalistik Sebagai Citizen Journalism.
 
 “Kami berharap pelatihan ini berguna bagi remaja saat ini yang sangat aktif di media sosial dan mempunyai hobi menulis. Sungguh disayangkan, jika potensi menulis mereka tidak dikembangkan dengan bekal edukasi jurnalistik yang tepat. Tujuan kami melakukan pelatihan ini untuk memberdayakan dan mengarahkan kemampuan menulis mereka di jalur yang benar,” kata Ketua Kelompok PM, Robbikal Muntaha, S.Sos, M.I.Kom di Jalan Caringin Raya No 13,  Depok, Jawa Barat, Sabtu (14/4/2018). 
 
Acara semakin menarik karena salah satu dosen yang mengisi acara sebagai tutor adalah praktisi jurnalistik juga yang bekerja sebagai redaktur di salah satu media cetak di Jakarta, Romi Syahril S.Sos MM.
 
Usai pemaparan materi, beberapa peserta terlihat antusias untuk bertanya seputar dunia jurnalistik kepada dua tim tutor lainnya, yaitu Marlina Rahmi Shinta P, SE MM dan Syarif Fitri SSn MM. 
 
Sebelum akhir sesi, peserta juga diberikan tantangan untuk live report atas berita yang mereka buat sendiri. Tiga orang terpilih untuk tampil dan dinilai oleh tim dosen AKOM BSI Jakarta, adalah Dwi Mayangsari, SMP kelas 2 (juara1), Ida Farida, SMA kelas 1 (juara 2) dan Ramdani, SMA kelas 1 (juara 3).


(romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats