Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 08 April 2018 20:39 WIB

LIPI Inisiasi Pembangunan Lab BSL-3

Jakarta, HanTer - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menginisiasi pembangunan fasilitas Laboratorium Biosafety Level-3 (BSL-3), di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Cibinong, Bogor.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati menjelaskan, fasilitas Laboratorium BSL-3 sudah sangat diperlukan di Indonesia. Keberadaan laboratorium tersebut dapat memberikan jaminan atas kualitas hasil penelitian pangan dan kesehatan.

Lebih dari itu, jelasnya, juga memberikan jaminan atas konsistensi hasil penelitian dan pembuatan produk jadi siap komersialisasi, meningkatkan kepercayaan stakeholder, dan memperkecil bahaya yang bisa ditimbulkan produk karena kontaminasi.

“Selain itu, laboratorium ini juga memberikan ketersediaan fasilitas produksi skala kecil sesuai standar GLP dan Good Manufacturing Practice (GMP) dan memberi nilai tambah bagi produk hasil riset Indonesia,” kata Enny dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/4/2018).

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi, Dr. Bambang Sunarko, menuturkan bahwa tujuan jangka pendek keberadaan laboratorium itu adalah untuk memfasilitasi kegiatan penelitian tahap lanjut, pengujian, pembuatan prototipe dan lain-lain yang membutuhkan ruangan bebas-partikel bertekanan negatif BSL-3, baik secara in vitro maupun in vivo yang didukung oleh fasilitas berstandar GLP dan GMP.

“Sedangkan, tujuan jangka panjang pembangunan laboratorium BSL-3 dan fasilitasnya adalah untuk mendukung pengembangan dan produksi pangan dan obat berbasis bioteknologi di Indonesia,” katanya.

Sementara, sasaran jangka panjang lainnya dari pembangunan laboratorium BSL-3 adalah dari segi penggunaan fasilitas tersebut secara luas. “Artinya, laboratorium bisa dimanfaatkan secara bersama melalui mekanisme kerja sama dengan LIPI. Ini ditujukan bagi stakeholder yang memerlukan pengujian dan pengembangan produknya agar berkualitas baik,” tutup Bambang. 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats