Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 14 Maret 2018 15:40 WIB

Kembali Jabat Rektor UP, Wahono Ditantang Hasilkan Lulusan Berjiwa Entrepreneur

Jakarta, HanTer - Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt kembali dilantik sebagai Rektor Universitas Pancasila untuk masa jabatan 2018-2022. Pria kelahiran Solo, 21 Januari 1954 ini pun siap mengemban amanah untuk memajukan Universitas Pancasila di periode ke-2 menjabat sebagai rektor.

Pelantikan itu sendiri dilakukan oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Universitas Pancasila, Siswono Yudo Husodo di Gedung Serba Guna Universitas Pancasila, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Siswono dalam sambutannya mengatakan, faktor kinerja dan kepemimpinan Wahono Sumaryono yang dianggap baik membuat Senat Universitas Pancasila dalam sidang yang digelar pada 14 Februari 2018 lalu secara aklamasi memutuskan untuk melanjutkan masa jabatan beliau.

“Yayasan menilai kinerja Wahono sebagai rektor periode pertama sangat baik dan membawa kemajuan. Antara lain penambahan doses tetap, jumlah prodi terakreditasi A bertambah, pemberian insentif kepada dosen yang melakukan penelitian, peningkatan penulisan dosen di jurnal internasional dan pemberian beasiswa bagi dosen dan karyawan yang ingin melanjutkan studi,” kata Siswono dalam kesempatan itu.

Tantangan Berat

Namun begitu, ia mengingatkan bahwa tantangan perguruan tinggi ke depan semakin berat, di tengah persaingan ketat dan kemajuan zaman serta teknologi. “Termasuk UP yang menuju entrepreneurship university. Artinya, kita harus dapat mempersiapkan pondasi yang kuat, untuk segera take off,” kata dia.

Terlebih, kata dia, jumlah entrepreneur atau pelaku usaha baru sangat menentukan kemajuan sebuah negara. Sayangnya, jumlah entrepreneur di Indonesia rendah dan kalah jauh dari negara-negara tetangga. Karena itu, sambung dia, perguruan tinggi memiliki peran strategis untuk meningkatkan jumlah entrepreneur. “Untuk itu saya minta dibuat rencana induk pengembangan program entrepreneur dan penyesuaian perkembangan zaman. Ini harus diprioritaskan,” katanya.

Sementara itu, Rektor UP Wahono Sumaryono mengaku siap untuk tidak hanya menjadikan UP sebagai research university, tetapi juga entrepreneurship university sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan Universitas Pancasila 2010-2034.

“Kita juga akan fokus pada pengembangan pembelajaran berbasis e-learning atau digital, dengan melengkapi dan memperbaharui fasilitas, sarana dan prasarana laboratorium di setiap fakultas,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, memasuki usia yang ke-51, Universitas Pancasila telah menghasilkan 52.000 lulusan. Alumni Universitas Pancasila telah memberikan kontribusi pada berbagai bidang pengabdian di Pemerintahan, BUMN, Perusahaan Swasta maupun bidang-bidang kegiatan lainnya.

Saat ini, dengan 7 Fakultas dan 1 Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pancasila menyelenggarakan 27 Program Studi dari D3 sampai dengan S3, yang mana 12 diantaranya terakreditasi A, 15 Program Studi terakreditasi B, dan 2 terakreditasi C; yakni D3 Teknik Elektro yang akan banding ke BAN-PT dan S3 Farmasi yang baru operasional Februari 2016. Jumlah total Dosen Tetap dan Tidak Tetap, serta Tenaga Pendidikan sekitar 1000 orang, dan jumlah mahasiswa sekitar 16.000 orang. 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats