Di Publish Pada Tanggal : Senin, 23 Oktober 2017 19:35 WIB

LIPI Dorong Peningkatan Kerja Sama Hasil Riset

Jakarta, HanTer - Sebanyak 176 karya riset anak bangsa dipamerkan dalam Indonesia Science Expo (ISE) 2017, yang digelar 23-26 Oktober 2017. Ratusan karya riset tersebut berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi atau perguruan tinggi, swasta, serta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Sebagai penyelenggara, LIPI berkomitmen untuk memfasilitasi hasil-hasil riset tersebut bisa dimanfaatkan secara luas baik bagi ekonomi, sosial, maupun demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Bambang Subiyanto mengatakan, LIPI terus berusaha agar kerja sama triple helix, yakni perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan industri bisa meningkat, sehingga bisa membuka kemitraan dalam berbagai aspek.

Upaya mendorong kerja sama itu salah satunya melalui gelaran Indonesia Science Expo (ISE) 2017. “Indonesia Science Expo pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dan saat itu sebagian besar adalah peserta dari LIPI sendiri dan tidak sebesar tahun yang kita selenggarakan saat ini," kata Bambang di sela pembukaan Indonesia Science Expo (ISE) 2017 di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Ke depan, kata Bambang, pihaknya berkomitmen untuk mendukung program-program pemerintah. Salah satnya melalui pengembangan di bidang ketahanan pangan dan energi, khususnya di pedesaan. “Kita akan masuk ke daerah, dalam kegiatan ekonominya kita masukan teknologi dengan pengembangan sumber daya lokal," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Handoko mengatakan, penyelenggaraan ISE 2017 bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih mengenal teknologi, serta memotivasi tumbuhnya ilmu pengetahuan Indonesia, dan terciptanya Indonesia yang berteknologi mandiri. 

"Terlebih dengan tema ISE tahun ini, untuk memberikan kesan bahwa ilmu pengetahuan adalah landasan untuk pembangunan Republik Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan," kata Handoko.

Turu hadir dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. 

 

 


(Abe/Ock)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats