Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 26 September 2017 21:36 WIB

Batan Permudah Proses Administrasi Pengolahan Limbah Radioaktif

Depok, HanTer - Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menghadirkan aplikasi pengurusan administrasi pengelolaan limbah radioaktif secara online, guna memangkas waktu pengurusan administrasi.

Kepala Batan, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan, aplikasi online yang diberi nama eLira ini mampu memangkas waktu pengurusan administrasi yang semula membutuhkan waktu 14-30 hari, menjadi 2 hari.

“Ini untuk mempermudah masyarakat atau penghasil limbah radioaktif menyerahkan limbah kepada Batan untuk dikelola dengan baik. Apalagi, limbah radioaktif saat ini menjadi isu yang sangat sensitif dikalangan masyarakat,” kata Djarot dalam Seminar Nasional Teknologi Pengelolaan Limbah di Universitas Indonesia, Selasa (26/9/2017).

Ia menekankan, sebagai satu-satunya institusi yang melakukan pengolahan pengelolaan limbah radioaktif, Batan juga mempunyai tugas mengolah dan menyimpan limbah radioaktif yang dihasilkan oleh aktivitas industri seperti rumah sakit dan litbang

Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir Batan, Suryantoro memastikan pengelolaan limbah radioaktif di PTLR Batan lebih aman dan tidak mencemari lingkungan karena sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). "Kita terus lakukan inovasi untuk pengelola limbah. Namun kita tetap bisa mengelola dengan baik. Dalam 10 tahun terakhir tidak ada kecelakaan," tambahnya.

Selain melakukan peningkatan pelayanan pengelolaan limbah radioaktif, Batan juga terus berupaya melakukan sosialisasi terkait pentingnya pengelolaan limbah radioaktif, untuk menjamin agar limbah radioaktif dapat dikelola, disimpan dengan baik dan melindungi manusia serta lingkungan dari pengaruh radiasi. 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats