Di Publish Pada Tanggal : Senin, 21 Agustus 2017 20:57 WIB

Rapor Pendidikan Karakter Siswa Digodok

Jakarta, HanTer - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang membahas rapor karakter yang berisi portofolio kegiatan siswa dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

"Ini yang sedang digodok, jadi rapor ini semacam daftar kegiatan siswa yang sifatnya ekstrakurikuler," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Muhadjir menjelaskan bahwa nantinya rapor yang diterima siswa ada dua yakni rapor akademik dan rapor karakter yang berisi rekam jejak siswa. "Namanya belum ada, masih dirancang Balitbang," tambah dia.

Penilaian yang dinilai dalam rapor tersebut yakni bakat, minat, keahlian istimewa, catatan kepribadian yang baik, kepemimpinan, serta sikap positif yang dimiliki anak.

Dengan demikian, lanjut dia, anak akan memiliki data kepribadian secara utuh dan itu akan tercatat di Data Pokok Pendidikan. Contoh anak yang hafal Alqur'an dengan rapor ini akan terdata, begitu juga yang memiliki minat pada musik atau olahraga. "Sekolah wajb memasukkan data ke Dapodik".

Rapor tersebut akan diterapkan secara bertahap, karena menyangkut 200.000 sekolah. Sekolah rujukan akan menerapkan rapor karakter itu duluan. "Nantinya, guru yang akan memberikan penilaian pada rapor karakter itu," kata dia.

Selama ini, lanjut dia, sekolah hanya menilai anak dari sisi akademik saja. Padahal tak semua anak berprestasi di bidang akademik. "Termasuk anak yang selama ini jaga toko itu jangan dikira itu bukan pengalaman yang sangat mahal. Jadi nanti kalau ada bank mau pinjamkan uang bisa dilihat anak ini sudah dilatih berwirausaha sejak kecil karena jaga toko," papar dia. 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats