Di Publish Pada Tanggal : Senin, 14 Agustus 2017 05:25 WIB

Tangkal Radikalisme, Kapolda Jawa Barat Beri Kuliah Umum di Universitas Darma Persada

Jakarta, HanTer - Merasa khawatir dengan paham yang dianggap berbeda, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan, menyampaikan pesan agar para pemuda tidak terpengaruh oleh radikalisme. Hal itu diungkapkan Anton mengisi kuliah umum di Universitas Darma Persada, Jakarta Timur. 
 
Dalam kuliah umum itu, Anton memberikan kuliah umum tentang Bahaya Radikalisme Bagi NKRl.  "Sejauh ini ada golongan atau komunitas yang mengatasnamakan agama tapi merasa dia paling benar sehingga tidak mentolerir yang lain, yang lain beda selalu dianggap salah," katanya, Sabtu (12/8/2017).
 
Dikatakannya, kekhawatiran Anton apabila keadaan Indonesia seperti Irak dan Suriah sebelum terjadinya konflik yang menghancurkan negara. Bahkan, sebelum konflik di Irak dan Suriah terjadi, muncul kelompok-kelompok radikal yang ingin menumpas kelompok lain yang tidak sepaham. 
"Kejadian Indonesia seperti saat Irak dan Suriah sebelum jatuh, jangan sampai terjadi disintegrasi yang memecah belah bangsa," tuturnya.
 
Oleh karenanya, Anton mengimbau generasi muda, terutama mahasiswa agar meningkatkan pemahaman agama sekaligus nasionalisme sehingga nilai-nilai Pancasila tertanam di benak para pemuda. “Dengan begitu, radikalisme dapat dibendung di Indonesia,” harapnya.
 
Sedangkan, menurut Rektor Universitas Darma Persada, Dadang Solihin, radikalisme menjadi tema yang sangat krusial pada masa sekarang karena sasarannya lebih gampang ke pemuda. “Intinya kuliah umum ini kami harapkan menjadi salah satu cara dalam menangkal ancaman radikalisme atau deradikalisasi di kalangan generasi muda,” katanya. 
 
Ditambahkan Dadang, kunjungan Anton selain memberikan kuliah umum, juga melakukan sejumlah agenda penting. Diantaranya, penanaman pohon persahabatan, peresmian prasasti desa binaan antara pihak kampus dengan Polda Jabar dan Yayasan Manusia Unggul. 
“Memang penandatanganan kerja sama nanti menjadi bagian dan implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bentuk pengabdian masyarakat," tambahnya.


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats