Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 25 Juli 2017 20:57 WIB

SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Catat Sederet Prestasi di Bidang Web Design

Pati, HanTer - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang terletak di kawasan pesisir Kabupaten Pati, ternyata mengukir sederet prestasi yang gemilang di bidang web design.

Salah satunya, juara pertama kompetisi siswa untuk mata lomba web design tingkat Kabupaten Pati dan Provinsi Jawa Tengah, dan juara harapan kedua tingkat nasional. Berbagai juara kompetisi web design yang diadakan universitas juga pernah diraihnya.

Kepala SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi, Ali Ihsan mengatakan, prestasi yang gemilang di bidang web design tidak lepas dari penerapan pembelajaran di sekolah. Siswa diajarkan bagaimana membuat situs yang baik dan profesional.

"Kami sadar, website saat ini sudah menjadi rumahnya dunia siber. Keberadaan website sekarang merupakan kebutuhan karena informasi online bisa diakses di sana. Hal itu yang membuat kami terus membekali siswa dengan ilmu web design," kata Ali.

Menurutnya, keahlian web design bukan hanya bermanfaat untuk keperluan kompetisi. Keterampilan web design juga memiliki peluang kerja yang besar, karena dibutuhkan banyak perusahaan.

Lebih dari itu, skill web design dapat digunakan untuk membuka usaha sendiri di bidang jasa desain website. Dengan begitu, peluang lulusan untuk menjadi enterpreneur yang membuka bisnis web design sangat bagus.

"Peluang-peluang itu yang kami tangkap untuk membekali para siswa dengan keterampilan web design. Kami berharap, skill itu bisa membantu siswa dalam menangkap peluang setelah lulus," tambah Ali.

Tak hanya juara dalam berbagai kompetisi web design, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di Dukuh Selempung, Dukuhseti, juga pernah menyabet juara di bidang aplikasi software, lomba kompetensi siswa (LKS), sepak takraw, taekwondo, hingga juara voli.

Saat ini, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi memiliki tiga jurusan, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Siswa yang lulus sudah dipersiapkan untuk bekerja di sejumlah rekanan penyerap alumni. Mereka yang ingin magang atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi juga akan difasilitasi.                     

Sementara itu,  ada yang menarik dari kebiasaan akademik di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuki yang terletak di kawasan pesisir laut utara Jawa, Selempung, Dukuhseti, Pati.

Selain diajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan jurusan masing-masing, semua murid mendapatkan ilmu agama Islam. Salah satunya, ilmu tata bahasa Arab yang dikenal dengan nahwu shorof.

Uniknya, pelajaran nahwu shorof diampu seorang kiai dari Ngemplak, Margoyoso yang tetap mengenakan sarung di kelas. Dia adalah KH Ahmad Thoha Islamil, ketua yayasan yang ikuti membidani lahirnya SMK Telkom AKN Marzuqi.

"Ilmu agama yang diajarkan di sini disebut takhasus. Murid diajarkan bahasa Arab, tauhid, fikih, hafalan Juz Amma, Yasin, Tahlil sampai hafalan Alquran Juz 30 seperti madrasah pada umumnya," ujar Kiai Thoha.

Dengan adanya pelajaran takhasus, murid akan mendapatkan dua rapor, yaitu rapor umum dan takhasus. Rapor umum berupa penilaian murid seperti sekolah menengah kejuruan (SMK) pada umumnya, sedangkan rapor takhasus berupa penilaian ilmu-ilmu agama yang diajarkan.

SMK Telkom AKN Marzuqi sendiri memiliki tiga jurusan, yakni Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Mereka disiapkan untuk bekerja di sejumlah perusahaan besar pascalulus.

Sofia Nafika, misalnya. Santriwati yang juga murid SMK Telkom AKN Marzuqi itu jauh-jauh belajar dari Ujungwatu, Jepara. Selain ingin belajar agama, Sofia ingin ditempatkan di perusahaan ternama setelah lulus.

"Banyak tetangga yang setelah lulus dari sini langsung ditempatkan ke perusahaan besar. Saya ingin ikut jejak mereka. Alih-alih bisa nyantri untuk belajar agama di sini, saya berharap bisa langsung kerja setelah lulus," tandas Sofia.


(Oni)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats