Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 31 Januari 2017 13:17 WIB

Kalteng, Maluku, Papua Barat, dan Sulteng jadi Daerah Paling Banyak Kekurangan Guru

Jakarta, HanTer - Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan analisis perhitungan kuantitas guru berstatus Pegawai Negeri Sipil  (PNS) yang tersebar di provinsi dari aspek rasio jumlah guru dan murid. Data menunjukkan rasio guru dan murid tertinggi justru berada di Provinsi Kalimantan Tengah, Maluku, Papua, dan Sulawesi Tengah, dengan  rasio 0,05.

"Daerah-daerah itu selalu dikeluhkan mengalami kekurangan guru," kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan.

Dia menambahkan, sebaliknya rasio terendah dengan angka 0,02, berada di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Menurutnya, berdasarkan komposisi rasio guru-murid tersebut, justru beberapa daerah yang selama ini dianggap mengalami kekurangan guru berada pada kisaran 0,03 – 0,05.

"Hal ini berindikasi masih terjadinya ketimpangan perhitungan kebutuhan guru terhadap jumlah murid di daerah, yang berdampak dalih pengangkatan tenaga honorer tanpa perhitungan dan analisis yang memadai (Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja)," ujarnya.

Sebelumnya, sebaran guru yang dinilai masih belum proporsional antar satu daerah dengan daerah yang lain di Indonesia, dan ketidakmerataan kebutuhan guru yang sempat menjadi bahan perhatian Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Guna mendapatkan informasi sebaran guru dan murid hingga lingkup kabupatan dan kota, menurut Ridwan, BKN siap mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) selaku leading sector dalam hal ini.


(Oni)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats