Di Publish Pada Tanggal : Senin, 07 November 2016 02:30 WIB

DKI Jakarta Juara Olimpiade Genius 2016

Jakarta, HanTer - Sebanyak 3000 anak yatim yang berasal dari 40 kota dan 20 provinsi seluruh Indonesia mengikuti Olimpiade Genius 2016. Dalam gelaran ini, Ibu Kota Jakarta dan Yogyakarta berhasil menjadi juara 1 dan 2 dalam ajang matematika tingkat nasional.

"Kegiatan itu sudah empat kali kami gelar. Tujuanya jelas, supaya mereka memiliki kepandai dan kepiawaian pada bidang ilmu Matematika," kata Nur Hidayat, Ketua Pembina Yayasan Yatim Mandiri, Sabtu (5/11/2016). 

Hidayat mengatakan, para peserta umumnya adalah anak-anak yang dibesarkan oleh berbagai sanggar, serta hasil penyaringan proses seleksi selama kurang lebih satu bulan.Total anak yang mengikuti seleksi jumlahnya mencapai 3000 orang kurang lebih.  "Tapi yang berhasil lolos dan mengikuti olimpiade di Jakarta hanya sekitar 100 orang," jelasnya. 

Menurut Hidayat, nantinya para peserta juga akan mendapat fasilitas gratis berupa pembinaan di sebuah asrama sekolah, di kawasan Surabaya, Jawa Timur. Upaya berikutnya adalah mengenalkan anak yatim terhadap nilai kebangsaan Indonesia.

Dirjen Rehabilitasi Kementerian Sosial Marzuki, mengatakan, Olimpiade Genius menjadi sarana bagi anak Yatim untuk mengikuti ajang ke tingkat selanjutnya sseperti olimpiade internasional. "Ini satu upaya yang luar biasa karena di dunia ini bidang teknologi sains masih mendominasi. Nah kalau soal matematika harus kita yang dominasi. Jadi walaupun ditinggal orang tuanya, mereka harus mampu berprestasinya," katanya.

Adapun Olimpiade Genius ini dimulai sejak lima hari lalu, dalam kegiatanya, mereka diminta bersaing untuk menjawab berbagai soal Matematika. Selama itu, persaingan berlangsung ketat serta berjalan alot antara peserta satu dan peserta lainya. 

 


(Safari)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats