Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 15 April 2016 00:55 WIB

Kemristekdikti Kembali Mengeluh Minimnya Dana Penelitian

Jakarta, HanTer - Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si mengatakan dana penelitian yang disediakan untuk perguruan tinggi saat ini masih minim dibandingkan dengan jumlah penelitian yang ada.

"Jumlah dana penelitian untuk tahun ini sebesar Rp1,8 triliun sementara jumlah penelitian tercatat 280 orang. Jelas, dengan dana sebesar itu kurang apabila ingin meningkatkan mutu hasil penelitian dan bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya, Selasa (12/4/2016)

Dana penelitian yang terbatas itu jelas tidak akan mampu untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guna melakukan penelitian, meskipun di Indonesia itu mempunyai bahan baku yang luar biasa.
Ia mencontohkan seperti industri obat-obatan yang hampir 90 persen mendatangkan bahannya dari luar negeri, padahal bahan baku untuk membuatnya dari Indonesia.

"Di negara kita tanaman obat-obatan yang bisa dibuat bahan baku obat itu cukup banyak, tetapi karena keterbatasan sumber daya manusia tidak bisa mengolahnya. Hal-hal seperti ini harus menjadi pemikiran kita bersama, termasuk para ilmuwan di perguruan tinggi," katanya.

Ia mengatakan sekarang ini di Indonesia ada 143 perguruan tinggi negeri dan hal itu masih belum termasuk perguruan tinggi swasta. "Saya berharap dalam melakukan penelitian hendaknya bisa langsung bermanfaat bagi masyarakat dan bisa memberikan nilai tambah.


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats