Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 05 Mei 2015 16:25 WIB

Tingkat Kecurangan UN SMP 2015 Menurun

Jakarta, HanTer - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti, mengatakan, Ujian Nasional (UN) SMP 2015 sudah mengalami perbaikan, sebab tingkat kecurangan dinilai menurun drastis. Data dari pusat pengaduan UN FSGI, mengungkap hanya ada dua pengaduan kecurangan siswa. Pengaduan menyebutkan ada siswa yang melakukan kerja sama didalam kelas. Ini menurun dibandingkan 11 pengaduan jual beli kunci jawaban dan kebocoran soal pada UN SMA bulan lalu.

"Kalau untuk UN SMP ini pengaduan ada dua dan masih ringan. Anak-anak saling mencontek via kertas," kata Retno kepada Harian Terbit, di Jakarta, Selasa siang (5/5/2015).

Menurut Retno, UN SMP tahun ini, tidak terlalu menakutkan seperti UN SMP tahun sebelumnya. Hal ini juga memengaruhi tingkat kecurangan siswa. Sekolah pun ingin siswanya mendapatkan nilai yang sportif untuk masuk ke jenjang SMA. Jika jual beli dan kebocoran soal pada SMP menjadikan nilai siswa besar, maka pihak SMA swasta tidak akan mendapatkan murid. Sehingga sekolah juga lebih memilih untuk membiarkan anaknya bersaing dan menekan kecurangan.

"Iya apalagi untuk SMP swasta, kalau UN dibantu dan nilai jadi besar, SMA swasta enggak dapat murid dong, kan semua jadi masuk negeri," papar Retno.

Wanita yang juga menjabat sebagai Kepala SMA N 3 ini, berpesan supaya siswa tetap menjaga kejujuran dalam pelaksanaan UN. Sebab kejujuran merupakan proses dan karakter yang harus dikuatkan di sekolah.

"Karena menurut Ki Hajar Dewantara Sekolah adalah tempat paling tepat membangun karakter, jadi mari kita jaga kejujuran UN," tuntasnya.


(Elvi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats