Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 17 April 2015 19:33 WIB

Bakal Dipecat Ahok, Ini Penjelasan Kepsek SMA 3

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan akan menjatuhkan sanksi kepada Kepala SMA Negeri 3 Jakarta Retno Listyarti. Retno dinilai mengabaikan tugasnya sebagai kepala sekolah dan lebih mementingkan organisasi. "Pasti akan terima sanksi," kata Ahok di Balai Kota, Jumat, 17 April 2015.

Ahok mengatakan, sanksi yang diberikan kepada Retno bisa berupa pemecatan. Apalagi, Retno tak menggunakan seragam dinas saat mengunjungi SMA Negeri 2. "Mesti dipecat. Dia itu kepala sekolah, bukan cuma guru," kata Ahok.

Selain itu, lanjut Ahok, tak ada organisasi yang berdiri sendiri. Suatu organisasi terafiliasi dengan jabatan utama yang diemban seseorang. Maka, menurut Ahok, tugas utama Retno adalah menjadi kepala sekolah yang wajib menjalankan kewajibannya sesuai dengan peraturan. "Kalau Anda ingin menjadi Sekjen FSGI, berhenti saja dari jabatan kepala sekolah," ucap Ahok.

Sanksi Ahok ini berawal ketika Retno tidak berada di sekolahnya pada saat Ujian Nasional berlangsung, Rabu (14/4). Pada hari yang sama, Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, serta Ahok mengunjungi SMA 3 untuk meninjau pelaksanaan ujian di sekolah tersebut.

Retno justru berada di SMA Negeri 2 Jakarta selaku Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI).

Apa reaksi Retno? Ia menyatakan tak melanggar apa pun lantaran pada pukul 07.26 WIB sudah berada di sekolah pada pelaksanaan hari kedua ujian nasional SMA. Retno berdalih, perannya sebagai Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) didukung Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Sedangkan kewajiban kepala sekolah berada di sekolah selama pelaksanaan ujian nasional diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Dia mengatakan posisi Undang- Undang Guru dan Dosen lebih tinggi dibanding peraturan pemerintah yang mengatur tentang kedisiplinan pegawai negeri sipil itu.


(Anu)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats