Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 22 Agustus 2018 13:17 WIB

Idul Adha di Masjid Jami Nurul Anwar, Momentum Pemuda Makmurkan Masjid

Jakarta, HanTer - Prosesi pemotongan hewan qurban pada perayaan hari Raya Idul Adha 2018 M/1439 H di Masjid Jami Nurul Anwar, Kebon Nanas II Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Rabu (22/8/2018), berlangsung sukses. 
 
Prosesi tersebut dimulai tepat pukul 08.00 wib, dihalaman Masjid Jami Nurul Anwar. Tercatat, 46 kambing dan tujuh sapi dipercayakan umat Islam di daerah sekitar untuk disembelih dan dibagikan kepada warga.
 
Sapi terakhir yang disembelih di Masjid Jami Nurul Anwar atau sapi ke tujuh merupakan milik Surya Paloh. Hewan milik salahsatu taipan media massa itu  didominasi warna kulit coklat yang dikombinasi warna putih dibagian bawahnya, disembelih oleh H. Rozali MZ. Menurutnya, sapi qurban milik Surya Paloh itu memiliki bobot kurang lebih 800 Kg. 
 
Penyayatan kulit sapi 
 
Ketua Panitia Pelaksana H. Muhammad Faqih mengatakan bahwa terjadinya peningkatan pemotongan hewan kurban di Masjid Jami Nurul Anwar pada Idul Adha tahun ini.
 
"Alhamdulillah terjadi peningkatan pemotongan hewan kurban di Masjid Jami Nurul Anwar pada tahun ini, di mana tahun sebelumnya kami menerima 42 kambing dan enam sapi, namun kini kami menerima hewan qurban dari masyarakat sekitar 46 kambing dan tujuh sapi dan itu murni dari kepercayaan jamaah masjid tidak dari luar," ungkap H. Muhammad Faqih.
 
Proses penyembelihan qurban 2018 di Masjid Jami Nurul Anwar disemarakkan para pemuda sekitar 
 
Selain peningkatan jumlah hewan kurban, lebih lanjut H. Muhammad Faqih menuturkan jika peran serta pemuda disekitar untuk membantu mensukseskan Idul Adha kali ini juga bertambah.
 
"Tahun lalu tercatat hanya lima orang pemuda yang berpartisipasi membantu pemotongan hewan kurban, namun kini Alhamdulillah bertambah menjadi 25 orang. Artinya, hati pemuda muslim disekitar Masjid Jami Nurul Anwar sudah mulai tergerak, bukan hanya pada momen Idul Adha saja, namun sebelumnya, mereka juga kerap memakmurkan masjid dengan mengikuti pengajian rutin yang digelar, bahkan shalat berjamaah di masjid," terangnya.
 
Ketua Masjid Jami Nurul Anwar, H. Achmad Said saat mendampingi pemuda masjid ketika menyayat kulit kambing
 
Disisi lain, melihat fenomena tersebut, Ketua Masjid Jami Nurul Anwar, H. Achmad Said berharap keistiqomahan," "Memalui momen Idul Adha tahun ini, anak-anak muda disekitaran masjid mulai mengambil perannya sebagai pengganti generasi diatasnya," ucap H. Achmad Sait.
 
"Harapan kami pasca perayaan ini, anak-anak muda di sekitaran Masjid jami Nurul Anwar untuk terus istiqomah mentamirkan masjid, meramaikan masjid, memakmurkan masjid, rajin mengikuti kegiatan pengajian yang digelar dan dijadwalkan serta sholat jamaah di masjid, terutama diwaktu subuh," harapnya.
 
Panitia qurban 2018 Masjid Jami Nurul Anwar, Kebon Nanas II,Kebayoran Lama


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats