Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 02 Agustus 2018 19:57 WIB

ABJ Lakukan Aksi Kemanusiaan Tanggap Bencana di Lombok Utara

Lombok Utara, HanTer – Aksi peduli kemanusiaan terhadap bencana dilakukan Relawan Jokowi. Kanalnya melalui relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ). Mereka kemarin menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Keramahan diperlihatkan ABJ. Melalui Tim Tanggap Bencana Dewan Pimpinan Pusat, Rabu (1/8/2018). ABJ memberikan bantuan bagi korban gempa di beberapa tempat. Yaitu, Dusun Labangkara dan Dusun Sukadana. Geografis keduanya berada di Desa Sukadana, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, NTB. ABJ mengatakan, aksi ini bentuk kepedulian terhadap sesama.
 
“Bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Lombok Utara menjadi bentuk kepedulian ABJ. Relawan Jokowi ingin meringankan sedikit beban yang ditanggung korban gempa di dua dusun,” ungkap Ketua Bidang Sosial dan Tanggap Bencana DPP ABJ Denny Mamonto.
 
Wilayah Lombok sebelumnya diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 SR pada Minggu (27/7), pukul 05.47 WIB. Gempa ini dipicu oleh aktivitas Sesar Naik Flores. Sesar ini mengalami pergerakan lantaran aktivitas deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik. Imbasnya, gempa ini mengakibatkan berbagai kerusakan hingga menelan korban jiwa.
 
Mengacu catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa ini mengakibatkan beberapa kerusakan. Kerusakan ini terdiri 5.448 rumah, 15 unit fasilitas pendidikan, juga 5 unit fasilitas kesehatan. Ada juga kerusakan 55 unit fasilitas peribadatan, 37 unit kios, dan satu jembatan rusak. Gempa ini juga menelan korban jiwa sebanyak 17 orang. “Relawan Jokowi ini harus memiliki jiwa kepedulian yang kuat terhadap sesama. Bagaimanapun, para korban gempa di Lombok ini juga saudara kita semua. Sudah selayaknya kita membantu mereka,” kata Denny lagi.
 
Memberikan simpatinya bagi korban gempa, ABJ menyerahkan bantuan kemanusiaan dalam beberapa bentuk barang. Diantaranya, sembilan bahan pokok masyarakat termasuk di dalamnya makanan siap saji. ABJ juga memberikan bantuan berupa air bersih hingga peralatan dasar kesehatan. Bukan hanya itu, mereka juga memenuhi kebutuhan bagi bayi dan anak-anak.
 
Terkena efek gempa 6,4 SR, sebanyak 401 orang mengalami luka-luka. Lalu, 10.062 orang terpaksa harus mengungsi. Mereka tersebar di 13 titik pengungsian. Dan, hingga Selasa (31/7), BNPB ini juga mencatat munculnya 36 gempa susulan yang terjadi di Lombok, NTB. Danny menambahkan, aksi kemanusiaan di Lombok sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kepedulian atas musibah di Lombok sebagai wujud dari kebersamaan. Aksi solidaritas ini juga sesuai dengan arahan Presiden Jokowi di berbagai kesempatan,” tegasnya.
 
Melihat efek besar yang ditimbulkan gempa, Jokowi pun langsung terbang ke NTB pada Senin (30/7). Berbagai bantuan tanggap darurat pun diberikan. Jokowi juga menjelaskan, pemerintah akan memberi bantuan perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa. Besarnya nilai bantuan Rp50 Juta per rumah. Denny menambahkan, perhatian yang diberikan oleh Jokowi bagi rakyaktnya sangat besar.
 
“Figur Presiden Jokowi ini luar biasa. Pak Jokowi selalu memberikan perhatian besar kepada rakyatnya. Bantuan perumahan Rp50 juta itu tentu sangat menggembirakan bagi warga. Sebab, mereka bisa menata lagi kehidupannya. Hal seperti inilah yang membuat kami terinspirasi dari figur Pak Jokowi,” tutupnya.


(Hermansyah )



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats