Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 11 April 2018 01:27 WIB

PKPU Serahkan Mobil Klinik Layani Pengungsi Rohingya

Jakarta, HanTer - PKPU Human Initiative Indonesia secara simbolis menyerahkan bantuan berupa Mobil Klinik bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh. Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh, Rina P. Soemarno secara simbolis menerima bantuan tersebut.

Amir Mutar, perwakilan PKPU Human Initiative mengatakan, sejak awal kedatangan para pengungsi, PKPU Human Initiative telah mengirimkan uda orang dokter yang  bertugas selama satu bulan.

“Namun melihat peta geografis lokasi pengungsian yang sangat luas serta kebutuhan layanan kesehatan yang fleksible dan bisa menjangkau serta memudahkan layanan bagi para pengungsi, PKPU memutuskan untuk membuat program layanan kesehatan berupa Mobil Klinik,” kata Amir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/4/2018).

Pengadaan Mobil Klinik ini juga merupakan kerjasama PKPU dengan Yayasan Kesejahteraan Madani (YAKESMA). Adapun komponen-komponen yang ada di dalam Mobil Klinik selain peralatan kesehatan dan obat-obatan, juga tersedia tenaga medis full time yang terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang perawat, 1 orang Health assistance, 1 orang Medicine staff dan 1 orang supir mobil.

Mobil klinik ini akan rutin melayani para pengungsi Rohingya dan masyarakat Bangladesh di Cox’s Bazar dengan Jadwal operasional dari Sabtu hingga Kamis pukul 09.00 -16.00. Program ini akan menyasar area-area pengungsian yang sulit dijangkau dan belum mendapatkan akses fasilitas kesehatan, dengan jumlah pasien diperkirakan rata-rata 125-200 pasien/hari.

PKPU Human Initiative akan membiayai seluruh operasional mobil klinik ini  selama 1 tahun penuh dan di akhir tahun akan dievaluasi untuk keberlanjutannya.

Sementara, Dubes Indonesia untuk Bangladesh menyampaikan bahwa mobil klinik PKPU Human Initiative merupakan mobil ke empat yang telah diberikan Indonesia kepada pihak Bangladesh untuk membantu memberikan layanan kesehatan bagi pengungsi Rohingya.

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats