Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 27 Maret 2018 23:41 WIB

Baru 485 RS Mitra BPJS Sediakan Pendaftaran secara Online

Jakarta, HanTer - Hingga saat ini, baru sebanyak 485 rumah sakit dari total 2.268 rumah sakit yang bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sudah menyediakan layanan pendaftaran pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara daring atau online.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat menyebutkan 485 rumah sakit di Indonesia sudah menerapkan pendaftaran, baik berbasis laman situs, aplikasi, melalui SMS, dan aplikasi pesan singkat WhatsApp melalui sistem yang terkomputerisasi.

"Ini merupakan kabar gembira, dan sesuai dengan amanat dari Presiden Joko Widodo terkait dengan implementasi Program JKN-KIS, kini yang menjadi tantangan adalah bagaimana meningkatkan pelayanan khususnya di rumah sakit. Berbagai terobosan dan inovasi dalam layanan kesehatan yang sebelumnya belum pernah ada kini berkembang pesat," kata Nopi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Berdasarkan data BPJS Kesehatan sebanyak 121 rumah sakit mengembangkan sistem aplikasi yang dapat diunduh dan pendaftaran melalui laman resmi rumah sakit, 135 Rumah sakit membuka pendaftaran melalui SMS dan aplikasi pesan singkat WhatsApp, dan sebanyak 202 rumah sakit sudah menggunakan sistem antrean terkomputerisasi di loket pendaftaran langsung.

Sistem antrean ini sebagian besar memuat informasi dan fasilitas untuk pendaftaran rawat jalan, mengecek ketersediaan kamar, jadwal dokter, alamat dan lain-lain. Kini peserta JKN-KIS diharapkan tidak perlu repot mengantri langsung dan menunggu di rumah sakit karena jadwal pelayanan sudah ditetapkan melalui sistem ini.

Sejak tahun lalu BPJS Kesehatan juga telah mengembangkan aplikasi pencarian faskes bernama Aplicare. Aplikasi berbasis website ini berfungsi mencari lokasi dan informasi tentang fasilitas kesehatan yang diinginkan oleh masyarakat serta memandu menuju lokasi yang dipilih.

Mengutip data BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan terdiri atas 9.842 Puskesmas, 4.883 Dokter Praktik Keluarga, 4.603 Klinik Pratama, 1.188 Dokter Gigi, 669 Klinik TNI, 562 Klinik Polri, dan 16 RS D Pratama. Sementara itu, di tingkat rujukan, dari sekitar 2.733 rumah sakit yang teregistrasi di seluruh Indonesia, sebanyak 2.268 RS telah menjadi mitra BPJS Kesehatan dan siap memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS.  


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats