Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 08 Maret 2018 21:34 WIB

BPJS-TK Salurkan Bantuan Senilai Rp82,7 Juta ke Pengungsi Kuningan

Kuningan, HanTer - BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) menyerahkan bantuan senilai Rp82,7 juta bagi korban bencana longsor di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BPJS Ketenagakerjaan.

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Evi Afiatin menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kuningan, Dede Sembada, di Pendopo Kabupaten Kuningan, Kamis (8/3/2018). Turut hadir dalam kesempatan itu, Asisten Deputi Bidang TJSL BPJS Ketenagakerjaan, Zainal Abidin dan Deputi Direktur Wilayah Jawa Barat BPJS Ketenagakerjaan, Kuswahyudi.

“Kami turut prihatin dan berduka atas bencana ini, semoga kunjungan kami menyapa korban bencana serta pemberian bantuan ini dapat meringankan beban warga yang menjadi korban bencana dan membantu proses pemulihannya,” kata Evi dalam sambutannya.

Sebagai informasi, bencana alam yang terjadi di Kabupaten Kuningan ini akibat gerakan tanah dan longsor sejak 21 Februari 2018. Dampaknya, ratusan rumah warga di 10 Desa rusak. Selain itu, ribuan warga masih mengungsi ke sejumlah tempat pengungsian.

Evi menjelaskan, bantuan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari makanan instan, makanan, kebutuhan bayi, serta perlengkapan kebutuhan wanita. Bantuan ini disesuaikan dengan kebutuhan warga terdampak bencana tersebut.

Dalam kesempatan itu, Evi juga mengimbau Pemda Kuningan untuk ikut memastikan seluruh pekerja menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar para pekerja dan keluarganya tetap terlindungi kesejahteraannya terhadap risiko sosial kecelakaan kerja, kematian, termasuk saat memasuki usia pensiun dan hari tua.

Evi mengingatkan, BPJS Ketenagakerjaan merupakan lembaga negara yang bertugas untuk memberikan perlindungan sosial kepada para pekerja melalui empat program perlindungan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan  Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKm). 

Menyapa Pengungsi

Usai penyerahan bantuan, Evi yang juga merupakan Putri daerah asli Kabupaten Kuningan ini menyempatkan diri mengunjungi tempat pengungsian warga di Gedung PGRI, Desa Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pengungsi di lokasi ini, berjumlah 70 KK dengan total 245 juta pengungsi. Para pengungsi berasal dari Desa Pinara, salah satu desa yang terdampak bencana cukup parah.

Disela tinjauannya itu, Evi berbincang-bincang dengan warga seraya memberikan semangat untuk memulihkan kondisi psikis para pengungsi. “Kami berharap semoga keadaan segera membaik, pemulihan dapat berjalan dengan cepat dan warga dapat kembali beraktifitas dengan normal," imbuh Evi.

Ditempat yang sama, Asisten Deputi Bidang TJSL BPJS Ketenagakerjaan, Zainal Abidin mengungkapkan, sebagai bagian dari Program TJSL BPJS Ketenagakerjaan pada 2017 lalu telah disalurkan bantuan senilai Rp472 juta yang tersebar di lima titik bencana. Sedangkan, pada 2018 ini baru sebesar Rp182 juta yang disalurkan di dua titik bencana, yaitu Tegal dan Kuningan.

Plt. Bupati Kuningan, Dede Sembada menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas kepeduliannya terhadap korban bencana. “Kami mengapresiasi kepedulian BPJS Ketenagakerjaan terhadap korban bencana di daerah kami. Bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk meringankan beban warga kami yang menjadi korban bencana ini,” kata Dede.

Dede mengungkapkan, sebanyak 1002 rumah warga rusak terdampak bencana dan harus segera direlokasi. Dampak bencana terparah terjadi di empat titik dengan total pengungsi mencapai sekitar 4000 ribu lebih warga. 

 

 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats