Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 20 Februari 2018 20:15 WIB

Launching Festival Keraton 2018, Kemenpar: Keraton Aset Penting Pariwisata Indonesia

Jakarta, HanTer - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaraan Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) ke 5 Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN),

Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan, Riwud Mujirahayu mengatakan, FKMA-V 2018 diharapkan dapat meningkatkan peran dan fungsi keraton sebagai warisan budaya bangsa serta meningkatkan perekonomian daerah dari sisi pariwisata.

“Keraton sebagai warisan budaya bangsa menjadi aset pariwisata sehingga kegiatan FKMA tidak lepas dari kegiatan kepariwisataan,” kata Riwud dalam Launching FKMA-V 2018 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (20/2/2018).

FKMA-V diadakan pada pada 27-31 Oktober 2018 mendatang, dengan puncak acara berlangsung di Sumenep, Jawa Timur. Penyelenggaraan FKMA-V akan didahului dengan kegiatan road show di lima Keraton, yaitu Solo, Medan, Mempawah, Ternate, dan Denpasar.

“Sumenep sebagai tuan rumah FKMA ke-V mempunyai kesempatan untuk mempromosikan potensi pariwisatanya di antaranya tahun ini meluncurkan 36 event  berskala tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan regional maupun internasional,” tambah Riwud.

Ditempat yang sama, Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), PRA. Arief Natadiningrat mengungkapkan latar belakang dipilihnya Sumenep sebagai tempat puncak acara FKMA ke 5. “Satu-satunya keraton yang masih utuh dan lestari di Jawa Timur adalah di Sumenep,” ujarnya.

Sementara, Bupati Sumenep A. Busyro Karim mengatakan penyelenggaraan FKMA-V tahun 2018 akan berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, dimana unsur pariwisata akan lebih menonjol  dalam upaya mempromosikan Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.

Kendati demikian, kegiatan ini tetap menjalankan marwah dari FKMA yang disepakati oleh Anggota Dewan Keraton dan Anggota FSKN sendiri, yakni meningkatkan peran dan fungsi keraton sebagai pelestari warisan budaya bangsa serta menghadirkan kembali peran dan fungsi keraton terhadap masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah dari sisi pariwisata.

Sebagai informasi, dalam rangkaian acara FKMA-V juga diselenggarakan seminar serta kegiatan musyawarah anggota FSKN yang saat ini beranggotakan sebanyak 58 keraton/kesultanan dan 196 pemangku adat. 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats