Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 08 Februari 2018 23:05 WIB

Kemensos Bentuk Kampung Siaga Bencana di Asmat

Jakarta, HanTer - Kementerian Sosial merekrut Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

"Hal ini sejalan dengan rencana tindak lanjut dan kebijakan Menteri Sosial terkait penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang terjadi di Asmat," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Margowiyono di Jakarta, Kamis.

Dalam keterangan tertulisnya dijelaskan bahwa perekrutan Tagana merupakan upaya peningkatan kapasitas dalam kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana.

"Dengan adanya tenaga terlatih dari unsur masyarakat diharapkan dapat mempercepat mobilisasi bantuan sosial secara efektif," jelasnya.

Sebanyak 30 orang pemuda dari Distrik Agats direkrut menjadi anggota Tagana, selama tiga hari mereka dilatih dasar-dasar penanggulangan bencana.

Mereka akan mendapatkan materi tentang keahlian penanggulangan bencana bidang perlindungan sosial seperti manajemen pengungsi, logistik dan dukungan psikososial.


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats