Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 06 Februari 2018 21:57 WIB

Puluhan Penderita Gangguan Kejiwaan Ditelantarkan

Jambi, HanTer - Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jambi dr Hernayawati mengatakan sebanyak 78 orang pasien di rumah sakit tersebut tidak mendapatkan perhatian dan ditelantarkan keluarganya padahal mereka sudah tidak perlu dirawat lagi.

Hal itu terungkap saat dengar pendapat Komisi IV DPRD Provinsi Jambi bersama RSJ Jambi di gedung DPRD setempat, Selasa.

Hernayawati mengatakan puluhan pasien itu semula didatangkan dari berbagai daerah dan instansi. Ada juga dari Dinas Sosial dan yang diantar langsung keluarganya.

"Untuk biaya pasien yang terlantar oleh keluarganya ini cukup besar, dimana hari-hari untuk makan minumnya sebesar Rp25 ribu. Itu belum termasuk pakaian dan kebutuhan lainnya. Kalau wanita itu perlu bedak dan make up, semuanya masih kita tanggung," kata Hernayawati.

Dia mengatakan jika pasien di RSJ ada yang mempunyai keluarga, namun keluarga pasien tidak bisa menerima kehadirannya lagi dengan alasan beragam. Ada yang beralasan tidak cukup mampu untuk mengurusi dan ada yang karena faktor ekonomi.

Namun dari puluhan pasien yang ditanggung tersebut kebanyakan adalah pasien yang tidak diketahui lagi keluarganya dan alamat tinggalnya, karena mereka diambil oleh Dinas Sosial di jalanan.

 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats