Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 02 Februari 2018 13:05 WIB

Dorong Aspirasi Anak, Kemdikbud Jalankan Sinergi dengan Orang Tua

Jakarta, HanTer - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengembangkan sumber belajar pendidikan orang tua yang dapat menjadi rujukan dalam pengasuhan dan pendidikan anak di rumah.

Itu dilakukan sebagai bentuk sinergi antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Hal tersebut dikatakan Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Sukiman.

Menurutnya, pelibatan keluarga dalam satuan pendidikan, baik di sekolah formal maupun nonformal sudah menjadi keharusan sebagai wujud semangat kebersamaan dengan berasaskan gotong-royong dan melihat kebutuhan serta aspirasi anak.

Ia menambahkan, pelibatan keluarga di sekolah untuk melindungi anak-anak dari berbagai macam ancaman yang datang pada masa kini seperti penyalahgunaan narkoba, pornografi, kekerasan dan lainnya yang dapat merusak masa depan.

Langkah pelibatan orang tua diharapkan dapat membentengi anak-anak dari ancaman tersebut. Sukiman menuturkan, saat ini program pelibatan keluarga di sekolah sudah dilaksanakan bersinergi dengan kementerian lain.

Seperti pemberian makanan tambahan melibatkan Kementerian Kesehatan dan program ramah anak dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak.

"Melalui bahan ajar untuk orang tua nantinya diharapkan mereka yang bisa membaca akan menggunakan buku-buku panduan untuk mendidik anaknya sedangkan yang buta aksara diharapkan ikut dalam kelas orang tua untuk menerima penguatan dalam penyampaian yang mudah dan sederhana," katanya.

"Sementara Kemdikbud akan fokus dalam penguatan karakter agar peserta didik semakin berkualitas," jelas dia.

Demi menjalankan sinergitaz, Mendikbud pun telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan no 30 tahun 2017 tentang Pelibatan Keluarga dalam Penyelenggaraan Pendidikan.

Permendikbud tersebut antara lain mendorong orang tua untuk terlibat dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, sekolah atau sanggar belajar dan sebagainya, mengikuti kelas Orang Tua atau Wali, menjadi narasumber dalam kegiatan di sekolah.


(Eka/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats