Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 20 Januari 2018 21:40 WIB

Musim Penghujan, Masyarakat Diimbau Waspada Demam Berdarah

Jakarta, HanTer - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara Rinny Tamuntuan meminta masyarakat untuk mewaspadai timbulnya penyakit demam berdarah, khususnya saat musim penghujan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat di Minahasa Tenggara untuk bisa mewaspadai perkembangan penyakit demam berdarah, apalagi saat ini dalam musim penghujan," kata Ronny di Ratahan, Sabtu (20/1/2018).

Ia menuturkan salah satu upaya pencegahan paling efektif yang bisa dilakukan oleh masyarakat dengan mennjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

"Intinya yaitu terus menjaga kebersihan dan menerapkan pola 3 M, yakni menguras, menutup, mengubur wadah penampungan air yang bisa berpotensi bertumbuhnya nyamuk penyebab demam berdarah," jelasnya.

Selain itu kata Rinny jika anak-anak atau kerabat yang terkena gejala-gejala demam berdarah agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas.

"Kalau sudah ada gejala-gejala menderita demam berdarah, kami minta segera ke Puskesmas untuk memeriksakan diri sehingga juga penanganannya cepat," ujarnya.

Rinny menambahkan pihaknya akan terus mewaspadai dan bersiaga jika terjadi peningkatan kasus demam berdarah di Minahasa Tenggara.

"Kita sudah siagakan semua Puskesmas untuk mengantisipasi jika ditemui kasus demam berdarah, termasuk untuk melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran seperti melakukan pengasapan," tandasnya.


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats