Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 19 Januari 2018 20:44 WIB

Sebagai Ketum HKTI, Moeldoko akan Hadiri Panen Ikan Teknologi Microbubble Generator UGM

Yogyakarta, HanTer - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal (Purn) Moeldoko dijadwalkan menghadiri syukuran panen ikan di Sleman, DI Yogyakarta. Kegiatan yang dilakukan Universitas Gajah Mada (UGM) akan dilakukan Sabtu (20/1/2018).
 
Sebelum mengikuti panen, Moeldoko yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) akan mengadakan pertemuan terlebih dahulu dengan Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng di kampus UGM. 
 
Kepala Pusat Studi Energi UGM Dr. Deendarlianto mengatakan, ikan yang dipanen jenis Nila microbubble generator UGM yang dikelola Kelompok Mina Ngrembokoi, Desa Bokesan, Sindumartani, Ngemplak, Widodomartani, Sleman, Yogyakarta. “Akan digelar syukuran panen ikan Nila. Insya Allah  dihadiri juga oleh Bapak Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, S.IP,” sebut Deendarlianto. 
 
Deendarlianto menjelaskan, budi daya ikan yang akan dipanen di Sleman tersebut menggunakan teknologi microbubble generator hasil penelitian Tim Mino UGM. Teknologi ini mampu meningkatkan jumlah oksigen terlarut dalam air yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan.
 
Dari hasil uji yang tim lakukan terbukti pengaplikasian teknologi ini dapat meningkatkan kualitas air. Tidak hanya itu, melalui teknologi ini dapat menyalurkan oksigen dalam kolam secara maksimal. Dengan kualitas air yang semakin baik akan mendukung pertumbuhan ikan dalam kolam.
 
“Ikan yang dihasilkan pun lebih berat. Masa panen lebih singkat dari rata-rata yang biasanya dua kali menjadi tig kali panen. Selain itu, meningkatkan berat serta panjang ikan hingga 30 persen,” kata Untari, anggota Tim Mino UGM. 
 
Diketahui, Tim Mino UGM menjadi juara dalam kompetisi dunia inovasi ketahanan pangan Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) pada 2016 di Kamboja. Tim Mino yang beranggotakan Muhammad Nabil Satria Faradis dan Fajar Sidik Abdullah dari Fakultas Teknik serta Untari Febrian Ramadhani dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis sukses memenangkan kompetisi dengan mengusung teknologi MINO Microbubbles.
 
Pihak UGM kemudian melakukan budi daya ikan dengan teknologi tersebut bersama Kelompok Petani Ikan Terpadu Mina Ngremboko. Mina Ngremoko kini sudah dijadikan percontohan budidaya ikan terpadu secara nasional.


(Hermansyah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats