Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 30 November 2017 23:59 WIB

Generasi Milenial Diajak Memahami Pancasila

Jakarta, HanTer – Generasi milenial atau disebut juga generasi Y di Indonesia saat ini menjadi tumpuan bangsa Indonesia karena berada di masa-masa produktif dengan total 81 juta jiwa.

Generasi yang lahir di era 1980-2000 ini pun menjadi panutan penerusnya atau yang disebut generasi Z, lahir di rentang tahun 1995-2014. Oleh karena itu, pemahaman soal nilai-nilai luhur bangsa seperti Pancasila sangat penting untuk membentuk kepribadian bangsa Indonesia menjadi baik.

Dalam Sarasehan Pusat Studi Pancasila Seluruh Indonesia dengan tema 'Pancasila dan Nasionalisme Era Millenial' di Auditorium Fakultas Farmasi, Rektor Universitas Pancasila Wahono Sumaryono mengatakan posisi Pancasila tidak tergantikan dalam memandu persatuan bangsa Indonesia dalam nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila dari Pancasila.

"Pancasila sebagai ideologi, dasar negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia tentu mengalami dinamika era millenial dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan," kata Wahono Sumaryono dalam sambutannya pada acara tersebut, di Jakarta, Rabu.

Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan yang hadir dalam kesempatan tersebut mengajak generasi millenial untuk memahami Pancasila sebagai jalan mewujudkan keadilan sosial. "Kesenjangan kaya-miskin, kesenjangan Jawa - Luar Jawa, bukan memisahkan Aku Pancasila dan kamu bukan. Millenial harus jadi generasi yang mempersatukan," ujarnya.

Menurut dia, generasi millenial yang memahami Pancasila akan jadi modal besar memasuki era globalisasi."Jadi, Nasionalisme ‘Zaman Now’ itu anak muda yang cinta daerahnya, bangga pada negerinya dan berani bersaing di era global," katanya

Sementara itu, Ketua Pusat Studi Universitas Pancasila Hendra Nurtjahjo mengatakan sosialisasi Pancasila pada zaman millineal tersebut tidak bisa lagi dilakukan dengan cara monolog tetapi harus dialog interaktif.

"Harus ada dialog dengan para generasi muda untuk memahami nilai-nilai Pancasila," katanya.

Terakit digelarnya sarasehan ini, Hendra menuturkan acara ini merupakan dialektika bagai para ahli dalam melakukan kajian komprehensif dalam mengidentifikasikan cara mengaktualisasi dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam era millenial.

Selain itu juga menciptakan inspirasi para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu dan pendirin bangsa harus terus diteladani dan diterapkan pada masa kini dalam bentuk perjuangan nilai-nilai luhur Pancasila.

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats