Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 24 Oktober 2017 23:45 WIB

Optimalisasi Pembangunan Butuh Data Informasi Geospasial

Jakarta, HanTer - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro meminta Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk mempercepat ketersediaan data informasi geospasial dasar demi kepentingan pembangunan nasional.

“Hingga saat ini baru 21 persen kebutuhan informasi geospasial yang bisa dipenuhi oleh BIG dan sejumlah instansi,” kata Bambang dalam puncak rangkaian HUT ke-48 BIG dengan tema 'Kemandirian Geospasial untuk Kedaulatan Bangsa dan Negara", di Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Menurut dia, ketidakselarasan data yang dimiliki oleh pemerintah selama ini menjadi hambatan besar dalam perencanaan pembangunan. Setiap kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah memiliki data atau peta tematik tersendiri dengan standar masing-masing.

“Karena itu, BIG harus mencari langkah alternatif percepatan kemandirian informasi geospasial untuk mendukung kebijakan satu peta yang dicanangkan Presiden. Targetnya, pada 2019 semua wilayah Indonesia sudah terpetakan dengan baik,” ujarnya.

Upaya tersebut, bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi penginderaan jauh, seperti satelit ataupun foto udara.

Sementara itu Kepala BIG Hasanuddin Z Abidin mengatakan kemandirian geospasial mutlak diupayakan secara serius, dan menuntut kerja keras jajaran BIG. Mengingat, sangat luasnya wilayah NKRI dan besarnya sumber daya yang harus diinvestasikan jika Indonesia harus terus tergantung pada negara lain.

"Menjadi tugas bersama untuk terus mengupayakan kemandirian geospasial, baik melalui pengembangan inovasi teknologi Informasi Geospasial (IG), peningkatan kuantitas dan kualitas SDM, penguatan aspek kelembagaan dan peraturan, serta kebijakan lainnya untuk mendorong terwujudnya kemandirian geospasial tersebut," kata dia.

Ia menjelaskan, saat ini BIG telah menyiapkan berbagai standar, spesifikasi dan grand design untuk berbagai kegiatan Informasi Goespasial (IG) Dasar maupun IG Tematik di Indonesia. 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats