Di Publish Pada Tanggal : Senin, 09 Oktober 2017 17:43 WIB

Sambut Hari Sumpah Pemuda, KBM Galakkan Makna Trisakti

Jakarta, HanTer - Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Satu Nusa, satu Bangsa dan satu Bahasa.

Guna mengenang jasa para pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, berbagai peringatan pun dilakukan, salah satunya oleh Komunitas Banteng Muda (KBM), salah satu organisasi Kepemudaan kekinian tujuannya adalah agar seluruh pemuda Indonesia mengerti arti Trisakti.

Lexyndo Hakim, Sekretaris Jenderal DPP KBM, mengatakan organisasinya dalam waktu dekat akan meluncurkan Gerakan KBM Runners, yaitu sebuah gerakan lari pagi bersama anak-anak muda kekinian, yang untuk permulaan akan dilaksanakan di moment Car Free Day.

"Kami bagikan kaos KBM Runners bagi siapapun yang ingin bergabung dalam gerakan KBM Runners ini, dan titik awal kumpul adalah setiap Hari Minggu pagi pukul 07.00 start dari depan monumen Simpang Susun Semanggi menuju Bundaran HI," ujarnya di Gedung KBM, Penjernihan Bendungan Hilir Jakarta Pusat.

Selain itu, KBM juga akan menggelar Upgrading Kader Banteng Muda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan eksistensi dan keberadaan KBM sebagai organisasi pergerakan pemuda kekinian yang akan berperan dalam memperkenalkan arti Trisakti kepada pemuda Indonesia, dan menyebarkan Kebaikan sesuai dengan slogan Trijiwa KBM yaitu Kebaikan, Kemanusiaan, Kreatifitas, dalam bingkai kegiatan kegiatan yang positif dan bermanfaat.

"Upgrading Kader ini kami sengaja pilih waktunya bersamaan dengan peringatan sumpah Pemuda, karena kami ingin mewujudkan kader-kader KBM yang berkualitas sebagaimana yang diharapkan, yaitu merupakan Pemuda yang kreatif dan militan sebagai Pemuda Nasionalis di tengah era milenials," kata Lexy.

Masih di bulan Pemuda ini, KBM rencananya juga akan melantik beberapa wilayah Provinsi atau kota diantaranya Provinsi Banten, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bogor dan Bekasi.

Lexy menambahkan, KBM juga akan ke Ternate, Maluku Utara, untuk bergabung dengan komunitas Diving atau Menyelam disana, dalam gerakan KBM Divers yang akan mengeksplore indahnya alam bawah laut disana, sekaligus membentuk pengurus KBM di tingkatan Provinsi Maluku Utara.

Selain agenda kepemudaan di bulan Pemuda ini, KBM juga akan mengajak anak-anak muda ke Museum Sumpah Pemuda, dengan harapan pemuda zaman sekarang peduli dan mengerti bahwa perjuangan menyatukan bangsa Indonesia dilakukan oleh beragam Suku, Agama dan Etnis.


(Eka)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats