Di Publish Pada Tanggal : Senin, 18 September 2017 19:15 WIB

BPOM: Zat Tambahan Dalam PCC Timbulkan Kejang

Jakarta, HanTer - Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan pihaknya menemukan dua jenis tablet PCC. Yang pertama mengandung parasetamol, carisoprodol dan cafein, sedangkan yang kedua mengandung parasetamol, carisoprodol, cafein dan tramadol.

"Ada kandungan yang dikombinasikan. PCC itu sendiri produk ilegal bukan obat yang bisa digunakan," tutur dia, di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Tablet PCC dengan kombinasi kandungan lain memiliki efek lebih cepat menimbulkan halusinasi dan menghilangkan kesadaran. Produk ini, kata dia, pernah resmi beredar di Indonesia, tetapi sudah ditarik peredarannya pada 2013 karena sering disalahgunakan.

Obat yang mengandung carisoprodol dan telah ditarik peredarannya antara lain Carnophen, Somadril, Rheumastop, New Skelan, Carsipain, Cazerol dan Karnomed. "Jadi itu bukan tablet yang masih digunakan dan tidak pernah teregistrasi dalam produk yang bernama PCC," ujar Penny.

Carisoprodol merupakan bahan baku obat yang memberi efek relaksasi otot dengan efek samping sedatif dan euforia, sedangkan pada dosis yang lebih tinggi dari dosis terapi dapat menyebabkan kejang, halusinasi dan membahayakan kesehatan hingga kematian.

Level Berbahaya

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan peredaran narkoba yang merajalela merupakan bagian dari perang proksi atau "proxy war. "Peredaran narkoba sudah dalam level yang membahayakan dan variannya juga bermacam-macam. Kita harus semakin waspada, karena menurut saya, ini bagian dari 'proxy war'," ujarnya.

Perang proksi sendiri, kata dia, memiliki tujuan untuk menghancurkan generasi muda. Dengan begitu, dengan mudah memperlemah bangsa yang besar. "Obat terlarang untuk memperlemah bangsa yang sangat besar dan menjanjikan ini, mungkin banyak yang merasa khawatir kalau Indonesia menjadi bangsa yang besar nanti akan bisa mengintimidasi pihak lain. Kalau ada setengah ketidaksengajaan maka setengahnya lagi kesengajaan mengingat narkoba ini kebanyakan impor ya," jelas dia.

Dia menjelaskan peredaran narkoba paling utama di daerah perbatasan. Untuk itu, dia meminta gubernur di daerah perbatasan untuk mengawasi peredaran narkoba terutama melalui jalan tikus di perbatasan "Program penguatan karakter, yang sekarang sudah menjadi peraturan presiden, akan ditindaklanjuti dengan peraturan turunannya termasuk pencegahan narkoba bagian dari itu."

Muhadjir mengatakan subtema yang harus dibahas dan disampaikan kepada siswa terutama melalui para gurunya. "Jadi salah satu subtema perang terhadap narkoba. Tidak harus masuk dalam kurikulum, subtema saja. Karena kurikulum dalam arti sesungguhnya saya setuju, kalau jadi mata pelajaran tidak," jelas Mendikbud.

Adapun BPOM menegaskan tablet PCC yang dikonsumsi korban di Kendari adalah produk ilegal yang tidak pernah terdaftar di BPOM sebagai obat. BPOM bersama Polri dan BNN akan terus menelusuri kasus itu sampai tuntas untuk mengungkap pelaku peredaran obat ilegal serta jaringannya.


(Abe/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats