Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 08 Agustus 2017 06:36 WIB

Raih Adipura 3 Kali Berturut-turut, Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti Terus Berinovasi

Jakarta, HanTer - Bupati Kabupaten Tabanan Bali Ni Putu Eka Wiryastuti kembali memperoleh penghargaan Adipura yang ke 3 kalinya, berbagai inovasi di bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan akan terus ditingkatkan.  Seperti pembentukan bank sampah, membuat ruang terbuka hijau, teman kota, taman bermain, pabrik pengolahan sampah, serta mobil sampah keliling.
 
Demikian diungkapkan oleh Ni Putu Eka Wiryastuti usai menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, kemarin. 
 
Atas prestasi tersebut, Bupati Eka mengajak masyarakat untuk tidak puas diri, dan terus bisa menciptakan inovasi-inovasi baru. 
 
“Terima kasih kepercayaan kepada Tabanan mendapatkan penghargaan Adipura, jadi rasa syukur itu penting karena membuat kita lebih tawakal untuk terus mengintrospeksi diri, karena untuk mempertahankan itu yang dikatakan sulit. Prestasi itu hanya titipan karena setiap prestasi perlu terus  di evaluasi, dan  rasa syukur lah itu yg utama,” katanya.
 
Bupati Eka juga menambahkan bahwa prestasi tersebut dapat diraih karena adanya kerjasama yang baik dari semua pihak dalam hal menjaga lingkungan dan pemerintah terus mengajak masyarakat untuk peduli dan menumbuhkan rasa cinta terhadap Tabanan.
 
“Saya mengucapkan terima kasih dan bangga kepada  dinas lingkungan hidup dan PU, kehutanan, kesehatan, perencanaan, bapelitbang dan semua OPD terkait yang sudah bekerja maksimal, sehingga mendapatkan hasil seperti ini,” tuturnya.
 
Inovasi dibidang pengolahan sampah, Bupati Eka bekerjasama dengan pihak Jepang dalam hal mengelola sampah  menjadi energi, pupuk organik yang berkualitas, dan sampah bisa menjadi nilai ekonomi serta terus aktif menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk melakukan  pengolahan sampah menjadi nilai ekonomis.
 
“Sampai saat ini sudah terdapat beberapa Bumdes yang fokus dalam hal bank sampah, kami akan terus  berkolaborasi membuat suatu terobosan salah satunya adalah membuat mini market yang belanja nya menggunakan sampah, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokok yang nantinya bisa ditukar dengan produk olahan sampah,” terangnya.
 
Selain itu, Pemkab Tabanan melalui Dinas Lingkungan Hidup akan terus menambah taman kota dan meningkatkan ruang terbuka hijau. “Dengan semakin banyaknya taman atau ruang terbuka hijau, akan membuat masyarakat betah tinggal di Tabanan dan nantinya akan semakin cinta terhadap daerah tempat tinggalnya,” tambahnya.


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats