Di Publish Pada Tanggal : Minggu, 06 Agustus 2017 23:13 WIB

Peduli Korban Erupsi Sinabung, Rumah Zakat Bagikan 3.150 Masker

Medan, HanTer - Rumah Zakat membagikan 3.150 masker untuk warga yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung. Penyebaran masker dilakukan di empat wilayah diantaranya Kecamatan Payung, Tiganderket, Simpang Empat, dan Namanteran.
 
“Setelah terjadi erupsi, kebutuhan utama warga adalah masker. Karena harus segera dilakukan antisipasi agar warga tidak terkena penyakit akibat dari polusi kabut asap ini,” ujar Sumanto, Relawan Rumah Zakat, seperti keterangan diterima Harian Terbit,  kemarin.
 
Sumanto menambahkan, untuk penyaluran selanjutnya, pihaknya masih menunggu perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi. Jika kabut asap masih berlanjut penyaluran akan kembali dilakukan.
 
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, hari Rabu (2/8), Gunung Sinabung kembali memuntahkan abu vulkanik hingga setinggi 4.200 meter. Letusan abu vulkanik berwarna pekat ini juga disertai dengan keluarnya awan panas sejauh 4,5 kilometer ke Tenggara Timur.
 
Saat ini, BPBD Karo bersama TNI, Polri, Dinas Kesehatan, relawan, dan SKPD beserta warga tengah melakukan pembersihan jalan, lahan, serta aset pemerintah seperti pasar dan tempat umum lainnya. Tidak ada korban jiwa karena erupsi Gunung Sinabung ini. Meski begitu, BPBD mengimbau agar masyarakat tidak memasuki zona merah yaitu dalam radius 3 kilometer dari puncak. 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats