Di Publish Pada Tanggal : Senin, 24 Juli 2017 18:48 WIB

Bentuk KRAP Jakarta, Wadah Kumpul Perantau Nagari Pakan Sinayan

Jakarta, HanTer - Banyak cara dilakukan orang untuk saling mengenal dan menambah kekerabatan, salah satunya lewat ajang silaturahmi. Itu pula dilakukan KRAP Jakarta yang merupakan perkumpulan perantau dari sebuah Nagari Pakan Sinayan Kabupaten Agam Sumatra Barat yang berdomisili di Jadebotabek.
 
Lewat ajang KRAP Jakarta yang didirikan sejak 1962 itu, mereka berharap para perantau yang berasal dari daerah tersebut bisa saling bertukar informasi hingga bermitrada dalam bisnis. “Intinya kita berawal dari sebuah kelompok arisan (julo-julo) yang terdiri dari beberapa orang pedagang yang tinggal di daerah Senen, Tanah Abang dan Tanjung Priok,” kata Ketua Umum Krap Jakarta, H. Mel Sofyan, Ahad (23/7/2017).
 
Selanjutnya, dikatakan Mel, dari hasil arisan tersebut, mereka memperoleh modal untuk berdagang dan dipakai secara bergiliran. “Setelah kegiatan arisan ini berjalan beberapa bulan, barulah dibentuk sebuah badan usaha dalam bentuk koperasi,” terangnya.
 
Seiring waktu berjalan, koperasi tersebut berjalan sangat baik dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota. Terlebih, saat itu untuk mendapatkan modal dari perbankan atau lembaga keuangan lainnya sangat sulit. 
 
“Dan yang terpenting, selain membantu masalah permodalan, dalam koperasi ini juga sangat dirasakan eratnya hubungan persaudaraan dan  kekeluargaan sesama perantau Pakan Sinayan yang ada di Jakarta dan sekitarnya,” jelas Mel.
 
Sayangnya, koperasi tak bertahan lama sehubungan dengan adanya kebijakan pemerintah yang memberlakukan Sinering pada 1964, sehingga membuat modal koperasi tergerus.
 
Kendati demikian, rasa persaudaraan dan kekeluargaan yang tinggi dari seluruh anggota membuat semangat para pengurus tidak terpengaruh dengan pemberlakuan Sinering. Tak ayal,  mulai saat itu, semua pengurus bersepakat untuk mengganti nama koperasi menjadi Kasaiyoan Ranyau Pakan Sinayan Jakarta (KRAP Jakarta).
 
“Perkumpulan ini bertujuan untuk memperkokoh dan membina kekeluargaan dengan meningkatkan silaturahmi sesama  anggota. Selain itu, KRAP Jakarta memberi bantuan kepada anggota dalam hal kemalangan, sakit, kematian, anak yatim, beasiswa dan berperan serta membangun kampung halaman,” tambahnya. 
 


(Romi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats