Di Publish Pada Tanggal : Sabtu, 24 Juni 2017 22:05 WIB

PKPU Distribusikan 2.040 Paket Sembako bagi Muslim Rohingya

Jakarta, HanTer - PKPU Human Initiative telah mendistribusikan 2040 paket sembako untuk 2000 keluarga Rohingya yang tersebar di berbagai kamp pengungsian dan desa sekitarnya, selama Ramadhan 2017.

Selain itu, juga didistribusikan 600 paket pakaian dan alat kebersihan untuk menggantikan barang-barang pengungsi yang hilang tersapu badai.

Deni Kurniawan, relawan PKPU yang menghabiskan sebagian besar Ramadhan di Sittwe menuturkan, kondisi desa-desa Rohingya yang mengelilingi kamp-kamp pengungsian semakin menurun daya dukungnya, akibat kebijakan pembatasan bergerak, sehingga warga Rohingya sulit mencari pekerjaan, bercocok tanam atau menjual hasil buminya. 

"Bahkan, saat ini antara kondisi penduduk desa dan pengungsi yang ada di barak tidak ada perbedaan, keduanya sangat memerlukan bantuan kemanusiaan” ujar Deni, dalam keterangannya.

Deni menambahkan, Ramadhan tahun ini kondisi pengungsi Rohingya semakin memprihatinkan akibat bersamaan dengan musim penghujan dan angin topan.  "Angin topan MORA yang menerpa wilayah Rakhine dan Bangladesh telah menghancurkan rumah-rumah semi permanen yang ditinggali pengungsi hingga sampai habis tak berbekas. Hujan dan badai juga terus terjadi sepanjang hari," katanya.

Atas kejadian ini, PKPU juga telah mendistribusikan 600 paket pakaian dan alat kebersihan untuk menggantikan barang-barang pengungsi yang hilang tersapu badai.

Denny melanjutkan, saat ini etnis Rohingya tersebar di berbagai kamp pengungsian di negara bagian Rakhine, Myanmar.  Ada sekitar 120 ribu orang yang tinggal di rumah-rumah sementara sebagai pengungsi dan ribuan lainnya tinggal di desa sekitar camp, yang terisolasi akibat kebijakan pembatasan bergerak. 

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats