Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 06 Juni 2017 22:45 WIB

Mensos Imbau Orangtua Monitor Perilaku Anak di Medsos

Jakarta, HanTer - Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, mengingatkan para orangtua untuk memberikan edukasi kepada anak dan memonitor saat mereka mengakses media sosial.

"Tidak boleh tidak, harus dimonitor betul. Tegaskan kepada anak untuk menyaring berbagai informasi terlebih dahulu sebelum kemudian membaginya di media sosial," kata Mensos di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Mensos juga mengingatkan agar orangtua bisa lebih arif, bijak, dan cerdas dalam menyikapi keberadaan media sosial. Alih-alih melarang anak, orangtua harus memberikan edukasi dan advokasi kepada anak saat mereka mengakses media sosial.

Menurut dia, apa yang menimpa PMA (15) remaja korban persekusi di Cipinang Muara, Jakarta, akibat minimnya pemahaman bersangkutan yang masih anak-anak terhadap berbagai isu sensitif di masyarakat. PMA tidak bisa menyaring derasnya informasi yang beredar di media sosial.

"Harus diakui di media sosial banyak kabar hoax dan informasi yang bersifat provokatif. Belum lagi persoalan masih rendahnya literasi masyarakat terhadap media," katanya.

Sebelumnya, beredar video viral aksi kekerasan sejumlah pria yang diduga anggota salah satu ormas terhadap PMA. Dalam video berdurasi 11:22 menit tersebut, memperlihatkan PMA diinterogasi dan sempat dipukul sekelompok orang. 


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats