Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 31 Mei 2017 22:07 WIB

PKPU Suplai 200 Truk Tanki Air Untuk Pengungsi Somalia

Jakarta, HanTer - Tidak kurang 2,5 juta liter air dikirimkan lembaga kemanusiaan nasional PKPU Human Initiative untuk  memenuhi kebutuhan beberapa titik pengungsian di Somalia dalam sepekan.

Tim PKPU telah merampungkan penyaluran air bersih tahap kedua setelah pada bulan Maret 2017 lalu mengawali bantuan air bersih ke beberapa pengungsi di pinggiran Mogadishu, Somalia.

Menjelang Puasa bantuan air bersih tahap kedua kali ini ditujukan untuk pengungsi di Afgoye Propinsi Lower Shabelle dan Kota Baidowa Propinsi Bay.  Sejak tanggal 22 Mei pengiriman air melalui truk tanki dilakukan bersamaan di dua propinsi tersebut.

Sebanyak 100 truk tanki melayani beberapa titik pengungsian di Baidowa, juga 85 truk tanki di salurkan titik-titik pengungsian di Afgoye.

"Terdapat 30-40 tanki yang disalurkan setiap harinya dimana setiap truk memuat tangki berisi 12 ribu liter air," kata Kaimudin Manager DRM PKPU HI, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Bantuan air bersih dari PKPU ini bisa dimanfaatkan lebih dari 40 ribu orang pengungsi selama sepekan.  "Bantuan ini makin terasa manfaatnya disaat yang sama juga memenuhi kebutuhan bulan puasa Ramadhan," katanya.

Saat ini, pengungsi mengharapkan tempat penampungan air yang layak di setiap camp untuk memudahkan suplai air secara rutin.

Disamping  keterbatasan wadah air, tiap shelter masih kesulitan dalam pasokan air. "Setiap keluarga hanya dapat menyimpan air diwadah kecil berukuran 20-100 liter sehingga suplai air sangat bergantung pada bantuan pihak luar," katanya.

 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats