Di Publish Pada Tanggal : Senin, 17 April 2017 21:02 WIB

Puskesmas Diingatkan Proaktif Turun ke Lapangan

Jakarta, HanTer - Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek meminta jajaran puskemas untuk lebih aktif melakukan pendekatan kepada keluarga di wilayah kerjanya, dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

"Kementerian Kesehatan telah meluncurkan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) guna mendukung gerakan masyarakat hidup sehat. Oleh sebab itu puskesmas jangan diam saja, harus proaktif," kata dia di Padang, Senin (17/4/2017).

Ia menjelaskan pendekatan Keluarga bukan program baru, melainkan upaya Puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan dengan mendatangi keluarga.

Nila memaparkan pendekatan Keluarga merupakan upaya mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal kabupaten dan kota serta mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional agar Program Indonesia Sehat tercapai.

“Pendekatan keluarga dilaksanakan oleh Puskesmas dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat, kata dia.

Ia mengatakan kunjungan rumah dilakukan Puskesmas secara aktif untuk peningkatan jangkauan cakupan serta pendekatan siklus kehidupan. “Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga secara bertahap akan dilaksanakan secara nasional dengan target 2.926 puskesmas prioritas,” katanya. 

 


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats