Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 22 Maret 2017 21:59 WIB

Mensos Jamin Hibah Dana Undian Dikelola Transparan

Jakarta, HanTer – Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar kegiatan temu penyelenggara undian gratis berhadiah (UGB) di Hotel Crown Plaza Jakarta, Rabu (22/3/2017). Sedikitnya, 140 pelaku usaha penyelenggara UGB hadir dalam kesempatan itu.
 
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, UGB mampu menekan masalah sosial di masyarakat. Apalagi, UGB merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang Kesejahteraan Sosial.
 
Didalam skema UGB, kata Mensos, terdapat dana usaha kesejahteraan sosial (UKS) dan barang hadiah tidak tertebak (HTT) atau hadiah tidak diambil pemenang (HTDP) yang dihibahkan kepada Kemensos. Dana-dana tersebut, dipergunakan untuk mendorong keserasian dan kesejahteraan sosial bagi 26 komponen penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).
 
Sementara dalam penyalurannya, kata Khofifah, pihaknya menjamin dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab. “Ini juga menjadi area zona integritas bebas korupsi, karena ada kaitannya dengan kepercayaan dan tanggung jawab kita kepada penyelenggara UGB,” kata Mensos dalam kesempatan itu.
 
Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemsos Hartono Laras menambahkan, pengelolaan dana UGB dipantau langsung oleh KPK, diaudit BPK dan dinilai oleh Ombudsman. Dengan begitu, ia memastikan jika penyaluran dan penggunaan dana tersebut dilakukan secara transparan. 
 
Sementara, Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kemensos, Mira Riyati Kurniasih, menjelaskan kegiatan Temu Penyelenggara UGB bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penyelenggara dalam melaksanakan UGB secara tertib, transparan, dan taat pada peraturan yang berlaku.
 
"Keterbatasan dana pemerintah dalam penanganan permasalahan kesejahteraan sosial memerlukan peran serta masyarakat secara aktif, salah satu peran itu melalui partisipasi dari pelaku usaha yang menyelenggarakan UGB," katanya.
 
 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats