Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 26 Januari 2017 00:59 WIB

Hari Gizi Nasional, Menkes Kampanyekan Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur

Jakarta, HanTer - Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek mengajak masyarakat memperbanyak konsumsi buah dan sayur untuk membuat gizi seimbang dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Konsumsi buah dan sayur yang cukup berperan dalam pencegahan penyakit menular kronik, serta menjadi salah satu indikator sederhana gizi seimbang,” kata Menkes peringatan hari Gizi Nasional (HGN) 2017 di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengonsumsi buah dan sayur. Riset tersebut menunjukkan 93,5 persen penduduk usia lebih dari 10 tahun mengonsumsi sayur dan buah di bawah anjuran.

Padahal, kata dia, konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Di mana, sebagian vitamin dan mineral dalam buah dan sayur berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Sementara dalam buah, lanjut dia, memiliki kandungan karbohidrat berupa fruktosa dan glukosa. Kandungan dalam buah dan sayur tersebut baru sebagian saja dan sejatinya sangat bervariasi dan sangat dibutuhkan tubuh.

Sebagai informasi, berdasarkan Global Nutrition Report (GNR) pada 2014, Indonesia masuk dalam 17 negara yang memiliki tiga masalah gizi pada balita, yaitu stunting (pendek), wasting (kurus), dan underweight (kurang gizi).


(Arbi/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats