Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 17 Januari 2017 23:10 WIB

RS Swasta Diminta Penuhi Kuota 20 Persen Kelas III

Jakarta, HanTer - BPJS Kesehatan Cabang Mataram meminta lima rumah sakit swasta yang telah melakukan pemutusan kontrak kerja sama agar menyiapkan 20 persen ruang rawat inap untuk kelas III.

"Ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi lima rumah sakit (RS) swasta sebelum dilakukan penandatangan kontrak kerja sama kembali," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram dr Muhammad Ali, Selasa (17/1/2017).

Pada prinsipnya, kata Muhammad Ali, kesempatan kontrak kerja sama dengan RS swata terbuka, namun kontrak tersebut harus dilandasi dengan etika dan komitmen yang baik terhadap program yang mengatur tentang jaminan kesehatan nasional (JKN).

Salah satunya adalah, RS swasta bisa menyediakan sarana ruang rawat inap 20 persen untuk kelas III, sehingga dapat digunakan oleh JKN PBI baik dari APBN maupun APBD. "Dari evaluasi yang telah kami lakukan terhadap lima RS swasta di Mataram, porsi 20 persen untuk kelas III belum tercapai," katanya.

Lima rumah sakit swasta yang memutuskan kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan di Kota Mataram adalah RS Risa Sentra Medika, RS Harapan Keluarga, RS Biomedika, RS Katolik Antonius Ampenan dan RS Islam Siti Hajar.

Dengan demikian, katanya, kontrak perjanjian kerja sama BPJS Kesehatan dengan lima RS swasta tersebut belum bisa dilaksanakan hingga saat ini. Namun demikian, pihaknya masih menunggu komitmen lima RS swasta melalui Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) NTB, untuk memenuhi komitmen tersebut agar kontrak kerja sama bisa segera ditantangani.

"Selain porsi 20 persen, beberapa catatan juga harus diperbaiki oleh pihak RS swasta seperti obat-obatan dan pelayanan tanpa keluhan serta komitmen melaksanakan perjanjian sesuai dengan regulasi yang ada," katanya.

Apabila pihak ARSSI sudah menyatakan siap terhadap beberapa hal yang harus dipenuhi itu, pihak BPJS Kesehatan siap melakukan penandatangan kontrak kerja sama. 


(Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats