Di Publish Pada Tanggal : Rabu, 21 Desember 2016 23:47 WIB

54 Persen Orangtua Masih Gunakan Kekerasan Mendidik Anak

Jakarta, HanTer - Metode mendidik anak dengan cara kekerasan baik secara fisik maupun psikologis dalam rumah tangga di Indonesia masih tinggi, termasuk keluarga dengan kepala rumah tangga berpendidikan sarjana yang mencapai 44,07 persen.
 
"Masih cukup banyak kepala rumah tangga berpendidikan tinggi di Indonesia yang mendidik anaknya dengan menggunakan kekerasan," ungkap Direktur Statistik Ketahanan Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Thoman Pardosi saat ditemui di kantornya di Jakarta, Rabu (21/12/2016).
 
Menurut dia, mayoritas orangtua di Indonesia masih menggunakan cara-cara kekerasan, baik psikologis maupun fisik dalam mendidik anaknya, mencapai 54,80 persen. Berdasarkan jenis kekerasan yang digunakan, 23,17 persen rumah tangga menggunakan cara-cara kekerasan psikologis dan fisik untuk mendidik anak.
 
Sedangkan persentase rumah tangga yang hanya menggunakan kekerasan psikologis sebesar 21,48 persen dan 10,16 persen yang hanya menggunakan kekerasan fisik. Ia menjelaskan, cara-cara yang mengandung kekerasan psikologis yang paling sering digunakan adalah dengan membentak atau menakuti anak, sebesar 41,86 persen.
 
Sementara itu, kekerasan fisik yang paling sering dilakukan adalah dengan mencubit atau menjewer anak sebesar 30,9 persen. "Cara-cara kekerasan yang dilakukan orangtua dalam mendidik anak ternyata berhubungan positif dengan tingkat pendidikan orangtua," katanya seperti dilansir Antara.
 
Namun dengan angka 44,07 persen kekerasan dilakukan orangtua berpendidikan, terlihat masih banyak orangtua bahkan yang berpendidikan tinggi, tidak mengerti cara-cara mendidik anak dengan baik dan benar, ungkap Thoman.
 
 


(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats