Di Publish Pada Tanggal : Senin, 14 November 2016 00:37 WIB

Pesan Menkes di Hari Kesehatan Nasional 2016

Jakarta, HanTer - Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Farid Moeloek, mengingatkan masyarakat bahwa kesehatan merupakan harta paling berharga yang harus dijaga dengan berperilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Seringkali masyarakat baru menyadari arti penting kesehatan saat penyakit datang mengancam," kata Nila pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 November seperti dikutip dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/11/2016).

Dia mengatakan beberapa hal bisa dilakukan untuk menjaga diri tetap sehat seperti dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, makan makanan bergizi seimbang dan menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, kata dia, penting juga untuk memeriksa kesehatan secara rutin seperti mengontrol tekanan darah, gula darah, serta kadar kolesterol.

"Tatkala kita memiliki sebuah harta yang sangat berharga, tentunya kita akan akan berupaya sekuat tenaga untuk menjaga, memeliharanya agar tidak rusak dimakan usia, serta tidak lantas membiarkan begitu saja tatkala ada jaminan perlindungan yang ditawarkan," kata dia.

Peringatan HKN, kata dia, menjadi refleksi tentang hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan, terutama dalam menerapkan lebih banyak pendekatan promotif dan preventif dibandingkan kuratif dan rehabilitatif dalam keseharian. Singkat kata, perilaku penting adalah mencegah penyakit lebih baik daripada mengobatinya.

"Kesehatan merupakan sebuah nikmat terbesar yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap insan. Kesehatan adalah elemen terpenting dalam kehidupan. Kesehatan merupakan kebutuhan sejak janin terbentuk di dalam kandungan hingga masa lanjut usia menjelang," kata dia.

Kesehatan, kata Nila, merupakan investasi sebuah aset yang bernilai tinggi, sehingga tidak ada satuan harga yang mampu membeli. Setiap orang berhak atas kesehatan tapi juga berkewajiban untuk berperilaku sehat guna mempertahankan serta meningkatkan derajat kesehatan. (Arbi)


(Abe/Ant)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats