Di Publish Pada Tanggal : Selasa, 09 Juni 2015 21:16 WIB

Menag: Selama Ramadhan, Warung-Warung Tak Perlu Dipaksa Tutup

Jakarta, HanTer-Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, menyatakan tidak perlu ada paksaan untuk menutup warung-warung yang menjual makanan selama bulan puasa Ramadhan nanti.

"Warung-warung tak perlu dipaksa tutup. Kita harus hormati juga hak mereka yang tak berkewajiban dan tak sedang berpuasa," tulis Menag di akun Twitter pribadi miliknya @lukmansaifuddin, yang dikutip Harian Terbit, Selasa (9/6/2015).

Dia melanjutkan bila ada yang secara sukarela menutup warungnya, tentu harus dihormati. Lukman juga mengingatkan bahwa muslim yang baik tidak memaksa orang lain menutup sumber mata pencaharian demi tuntutan menghormati yang sedang berpuasa.

"Saling menghormati adalah ideal. Tapi jangan paksa satu kepada yang lain," lanjut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Pria berusia 52 tahun itu menambahkan selain menghormati umat Islam yang sedang berpuasa, namun umat Islam juga dituntut menghormati hak mereka dalam mendapatkan makanan maupun minuman yang tidak wajib berpuasa karena bukan muslim.

"Juga menghormati hak muslim-muslimah yang tak sedang berpuasa karena keadaan (musafir, sakit, perempuan haid, hamil, menyusui)," tukas ayah tiga anak itu.


(adiantoro)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats