Di Publish Pada Tanggal : Kamis, 21 Mei 2015 21:19 WIB

Relasi Media Penting Bagi Organisasi Kemahasiswaan

Ternate, HanTer-Organisasi Kemahasiswaan baik intra maupun ekstra kampus, harus menguasai manajemen relasi media. Sebab, untuk mengomunikasikan, mensiarkan dan mensosialisasikan berbagai kegiatan dan pesan-pesan dari civitas akademika ke masyarakat luas, bisa dijembatani oleh media.

Hal itu terungkap dalam Pelatihan Manajemen Organisasi Kemahasiswaan (PMOK) dengan tema `Peningkatan  Kapasitas  Organisasi Kemahasiswaan dalam  melakukan  relasi  media` di Ternate, Maluku Utara, 19-22 Mei 2015.

PMOK yang digelar oleh Asisten  Deputi Organisasi  Kepemudaan  pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) itu diikuti oleh 75 orang peserta dari  Organisasi Kemahasiswaan .

"Mahasiswa dan pemuda harus memiliki kompetensi hardskill dan softskill. Organisasi kemahasiswaan sebagai salah satu wadah yang bisa memberi nilai tambah softskill kepada para anggotanya tentu harus memiliki manajemen organisasi yang baik. Termasuk manajemen relasi media untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan dan pandangan dunia kampus ke masyarakat luas," kata Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Yuni Poerwanti ketika membuka Pelatihan Manajemen Organisasi Kemahasiswaan tersebut.

Yuni menambahkan, dengan pelatihan PMOK itu, kemampuan manajemen organisasi kemahasiswaan di Maluku Utara bisa meningkat, sehingga mampu membuat perencanaan dan menata berbagai kegiatan secara baik untuk kemajuan daerahnya. Termasuk memiliki kemampuan bagiamana membangun hubungan dengan masyarakat melalui relasi media.

"Dengan kegiatan ini kita bisa menjalin silaturahmi dengan pemuda dan media, harapannya kegiatan ini akan terus berkelanjutan dengan waktu yang lebih panjang serta dapat mengakomodir seluruh unsur pemuda," ujar Erwin Pratama Putra, salah satu peserta kegiatan.

Sementara, Kasubid Kelembagaan pada Asdep Organisasi Kepemudaan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Dwi Agus Susilo, berharap pelatihan ini memberikan manfaat kepada organisasi kemahasiswaan dalam melakukan relasi media.

"Hal itu dapat menciptakan pemuda yang lebih maju di masa depan," tukas Agus saat acara penutupan, Kamis (21/5/2015).


(adiantoro)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus

Google News - harianterbit.com
free web stats