Di Publish Pada Tanggal : Senin, 12 Juni 2017 09:26 WIB

Kebiasaan Masyarakat Indonesia Bayar Zakat di Akhir Ramadhan

Google News - harianterbit.com

Jakarta, HanTer – Direktur Utama Lembaga Amil Zakat Nasional, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Wildhan Dewayana memprediksi animo masyarakat untuk membayar zakat akan meningkat signifikan di akhir-akhir Ramadhan.

Tren ini, menurut dia, sudah membudaya di Indonesia dan berlangsung setiap tahunnya. Padahal, distribusi zakat sangat dibutuhkan masyarakat pada periode Ramadhan ini. “Ini masalah culture. Biasanya dua pekan Ramadhan mulai terjadi peningkatan pembayar zakat yang signifikan,” kata Wildhan usai kegiatan santunan dan buka puasa bersama 300 anak yatim dan penyapu jalanan Kota Depok, Minggu (12/5/2017).

Oleh karena itu, Wildhan mengaku optimistis target pengumpulan zakat IZI sebesar Rp30 miliar pada Ramadhan kali ini akan tercapai. Hingga saat ini, pihaknya telah menerima zakat sekitar Rp5 miliar.

“Biasanya 70 persen diperoleh di pekan-pekan terakhir Ramadhan. Para muzakki biasanya baru akan berbondong-bondong mengeluarkan zakat, infaq dan shodaqoh mereka mulai H-10 lebaran sampai malam takbiran. Ini siklus yang kami saksikan selama bertahun-tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wildhan menuturkan IZI menargetkan penyaluran 11.000 paket bantuan kepada kaum membutuhan pada Ramadhan 2017 ini. Bantuan tersebut sebagian besar akan disalurkan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang (Jabodetabek).

Data terbaru, ungkap dia, bantuan itu sudah tersalur sebanyak 9.300 paket dengan nominal bantuan sebesar Rp4 miliar. 

(Arbi)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus