Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 03 Juni 2016 14:26 WIB

Naqsabandiyah Gelar Tarawih Malam Ini, Begini Dasar Hitungannya

Google News - harianterbit.com

Padang, HanTer - Sebanyak 50 masjid dan mushala tarekat Naqsabandiyah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), akan mulai menggelar shalah tarawih malam ini.

"Kami memastikan salat Tarwih malam ini sebagai awal datangnya satu Ramadhan," kata Pimpinan Naqsabandiyah Sumbar, Syafri Malin Mudo, di Padang, Jumat (3/6/2016).

Dia menyebutkan masjid dan mushala tersebut tersebar di kota Padang dan semuanya akan menggelar shalat tarawih. Beberapa di antaranya mushala Baitul Makmur di Pasar Ambacang, di Binuang dan ada di Kuranji.

"Pusatnya di Baitul Makmur Pasar Baru, kemungkinan jamaah akan memenuhi malam ini," kata dia.

Dia menyebutkan shalat tarawih ini akan diikuti oleh ratusan jamaah yang tersebar di kota Padang dan sebagian dari Pekanbaru, Solok, dan daerah lainnya yang sengaja datang setiap bulan Ramadhan.

Dia menambahkan, dalam salat tarawih, tarekatnya menggunakan 23 rakaat dengan 12 salam yang dilanjutkan zikir dan berdoa lainnya.

"Dengan kepastian shalat hari ini, besok kami akan menjalankan ibadah puasa pertama," kata dia.

Dia mengatakan ibadah puasa di Naqsabandiyah selama 30 hari dengan 6 tambahan puasa syawal. Jadi, menurut perhitungannya jika dijalankan sebanyak 36 kali puasa itu telah dikatakan puasa satu tahun.

Sementara perhitungan awal Ramadhan, dia mengaku berdasarkan perhitungan hisab dan malam. "Kami menghitung malamnya bukan harinya, sehingga malam ini tepat satu Ramadhan," ujarnya dikutip Antara.

Salah satu jamaah Naqsabandiyah Ujang Komar mengaku akan melaksanakan shalat tarawih pertama di Musala Baitul Makmur.

Selain itu dia dan keluarganya akan memulai puasa keesokan harinya. "Sungguh senang bertemu kembali dengan Ramadhan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Padang Japeri Jarap mengatakan pihaknya menghormati adanya perbedaan dalam penentuan awal Ramadhan tersebut. "Naqsabandiyah memiliki perhitungan tersendiri dan kita harus menghormatinya," kata dia.

(Anugrah)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus