Di Publish Pada Tanggal : Senin, 12 Januari 2015 17:23 WIB

Kisah Lucu di Balik Mustajabnya Doa Rasulullah

Google News - harianterbit.com

Doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah doa yang paling mustajab. Dari sekian banyak doa beliau yang langsung dikabulkan Allah, ada satu kisah lucu ketika seseorang minta didoakan hujan kemudian seketika langsung turun hujan sampai banjir. Seperti dikutip dari Kisahhikmah, orang tersebut kemudian memohon “revisi” doa. Berikut adalah kisahnya.

Hari-hari itu adalah hari-hari yang berat bagi penduduk Madinah. Bagaimana tidak, mereka yang selama ini hidup dengan mata pencaharian berkebun dan berternak, kini dilanda kekeringan. Kehidupan pun menjadi sulit, bahkan sebagian binatang ternak tak mampu bertahan hidup.

Seorang laki-laki dari kalangan penduduk Madinah mengambil inisiatif, memohon Rasulullah berdoa.

يَا رَسُولَ اللَّهِ هَلَكَتْ الْكُرَاعُ هَلَكَتْ الشَّاءُ فَادْعُ اللَّهَ يَسْقِينَا

“Wahai Rasulullah, binatang ternak telah binasa dan kehidupan telah menjadi sulit (akibat kekeringan ini). Maka berdoalah kepada Allah agar menurunkan air untuk kita..”

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian menengadahkan kedua telapak tangan beliau dan berdoa. Seketika, angin berhembus. Langit yang cerah berubah menjadi mendung. Awan berdatangan dan hujan pun turun sangat lebat. Ketika jamaah shalat Jum’at turun dari masjid, jalan-jalan telah tergenang dengan air. Hujanterus mengguyur Madinah selama tujuh hari berturut-turut. Hingga Jum’at berikutnya, laki-laki yang pada pekan sebelumnya minta didoakan hujan kini mengadu kembali kepada Rasulullah.

يَا رَسُولَ اللَّهِ تَهَدَّمَتْ الْبُيُوتُ فَادْعُ اللَّهَ يَحْبِسْهُ

“Wahai Rasulullah, rumah-rumah telah menjadi rusak (akibat banjir), maka berdoalah kepada Allah agar menghentikan hujan”

Mendengar permintaan tersebut, Rasulullah tersenyum. Kemudian beliau berdoa,

حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا

“Ya Allah… pindahkanlah hujan ke sekitar kami dan jangan di atas kami (yang dapat membinasakan kami)”

Seketika itu hujan berhenti dan awan-awan menyebar ke sekitar kota Madinah. Hujan telah berpindah ke luar Madinah. Menyirami kebun-kebun dan pegunungan. Banjir pun segera berlalu.

Demikianlah keajaiban doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Doa beliau langsung diijabahi Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tak heran jika kemudian banyak sahabat yang langsung meminta didoakan beliau, misalnya Ukasyah yang minta didoakan ketika Rasulullah mensabdakan 70.000 orang yang masuk surga tanpa hisab. Doa-doa beliau yang langsung dikabulkan Allah juga dirasakan oleh para sahabat semisal doa kemenangan pada perang Badar, doa kesembuhan untuk Ali bin Abu Thalib pada perang Khaibar, dan doa untuk Hudzaifah pada perang Ahzab.

Kini Rasulullah telah tiada. Tetapi beliau masih menyimpan satu doa, doa pamungkas yang pasti dikabulkan oleh Allah. Jika para Nabi sebelumnya telah menggunakan doa pamungkas itu untuk melawan musuhnya atau mengazab umat yang durhaka, Rasulullah menyimpan doa itu untuk digunakan di akhirat kelak. Doa itu akan digunakan Rasulullah untuk memintakan syafaat bagi umatnya. Semoga kita termasuk umat yang mendapat doa syafaat tersebut. Sebab doa syafaat itu pasti dikabulkan Allah Azza wa Jalla

 

(Melda)



Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email terbitonline[at]gmail.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : terbitonline[at]gmail.com
Iklan : terbitiklan[at]gmail.com atau iklanterbit[at]yahoo.com

comments powered by Disqus