Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 20 April 2018 22:25 WIB

IHSG Jeblok, OJK Harapkan Peran Spekulan

Jakarta, HanTer - Indeks Harga Saham Gabungan (HIS) Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (20/4/2018), ditutup melemah sebesar 18,26 poin seiring dengan pergerakan bursa saham di kawasan Asia. IHSG BEI ditutup melemah 18,26 poin atau 0,29 persen menjadi 6.337,69, sedangkan kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak naik 5,89 poin (0,57 persen) menjadi 1.034,49.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta para spekulan untuk bersama-sama mengantisipasi penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Langkah itu menjadi penting dalam rangka memajukan industri pasar modal agar berkontribusi lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Yang perlu berpikir keras sekarang ini adalah para spekulan yang bermain di pasar modal untuk jangka waktu yang sangat singkat dan melakukan jual beli saham," kata Kepala OJK Sulawesi Utara Gorontalo Maluku Utara (Sulutgomalut) Elyanus Pongsoda, seperti dikutip dari Antara, Jumat (20/4/2018).

Tapi, lanjutnya, kondisi ini bisa dimanfaatkan pula oleh para pedagang untuk mencari untung tergantung ketajaman analisis atas pergerakan harga saham emiten. "Bisa untung besar, bisa juga rugi besar," tuturnya.

Elyanus menjelaskan dalam kondisi IHSG yang melemah saat ini, para investor agar berkonsultasi dengan para manager investasi. Karena, lanjutnya, mereka lebih paham rincian saran yang bisa diberikan kepada para investor. "Tapi hemat saya kalau di reksa dana karena jangka panjang jadi investor tidak perlu terlalu khawatir," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Sulut Fonny The mengatakan, pelemahan laju IHSG yang terjadi saat ini belum memengaruhi investor di Provinsi Sulut. Pada Februari 2018, lanjutnya, terjadi pertambahan investor di Sulut sebanyak 192 dengan transaksi mencapai Rp401 miliar.

"Edukasi dan sosialisasi terus dilakukan sehingga investor tidak takut dengan adanya pelemahan IHSG saat ini," pungkasnya. 

 

(Arbi)


comments powered by Disqus