Di Publish Pada Tanggal : Jumat, 13 April 2018 22:15 WIB

Kemenpora Pastikan Tambahan Anggaran INAPGOC Rp919 Miliar

Jakarta, HanTer - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan tambahan anggaran bagi Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) sebesar Rp919 miliar selain anggaran pada 2018 sebesar Rp826 miliar.
 
"Anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018 sebesar Rp826 miliar langsung masuk ke rekening INAPGOC pada hari ini. Sedangkan anggaran tambahan Rp919 miliar masih dalam tahapan pelengkapan dokumen," kata Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olaharaga Gatot S. Dewa Broto selepas mengikuti Rapat Koordinasi Ke-5 Komite Asian Para Games di Jakarta, Jumat (13/4/2018).
 
INAPGOC, lanjut Gatot, akan menyelesaikan kelengkapan dokumen dan mengirimkannya kepada Kemenpora pada Senin (16/4/2018) sebelum dilanjutkan ke Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. "Harapan kami, anggaran itu sudah dapat turun pada satu hingga dua pekan mendatang karena waktunya sudah sangat mepet," ujar Gatot, berharap.
 
Gatot mengatakan pencairan anggaran tambahan bagi INAPGOC maupun Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) harus melalui surat yang ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga dan ditujukan kepada Menteri Keuangan.
 
Sementara, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengatakan anggaran Rp826 miliar akan digunakan untuk pembayaran termin pertama kegiatan-kegiatan dari seluruh divisi INAPGOC yang telah disusun.
 
"Termin pembayaran kegiatan yang kedua akan dilakukan setelah tambahan anggaran Rp919 miliar itu turun," kata Okto yang alokasi anggaran bagi seluruh divisi INAPGOC telah merata.
 
Wakil Sekretaris Jenderal INAPGOC Ferry Julianto Kono mengatakan anggaran tambahan sebesar Rp919 miliar itu telah lolos verifikasi Inspektorat Kementerian Pemuda dan Olahraga. "Hanya ada kekurangan dari aspek pengggunaan anggaran penyiaran yang harus kami lengkapi, sebelum dokumen diserahkan kepada Kementerian Keuangan," ucap Ferry.
 
Ferry menambahkan anggaran-anggaran INAPGOC sebesar Rp826 milir dan Rp919 miliar telah termasuk pajak yang harus dibayarkan kembali ke kas negara.
 
Sebelumnya menurut Ferry, INAPGOC memperhitungkan tambahan anggaran hanya sebesar Rp857 miliar yang bersumber dari Kementerian Keuangan melalui Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN).
 
"Ternyata, semua program yang kami ajukan telah lolos verifikasi dari Inspektorat Kemenpora sehingga tidak turun menjadi Rp857 miliar. Kami akan menyelesaikan dokumen yang kurang pada Senin (16/4/2018) mendatang," kata Ferry. (Ant)

(Hermansyah)


comments powered by Disqus